SUMENEP, Limadetik.com – Hairul Anwar punya kepedulian yang tinggi terhadap budaya Madura. Buktinya, pemuda yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM-PAN) Sumenep, Jawa Timur ikut memeriahkan pagelaran “Kerrap Tanggha'”. Acara tersebut digelar di Desa Langsar, Kecamatan Saronggi, Sumenep, Selasa (7/8/2018).

Hairul Anwar memakai topi berkacamata saat berada di tengah-tengah masyarakat menyaksikan budaya kerap ranggha’

“Kerrap Tanggha'” hampir sama dengan budaya kerapan sapi. Hanya saja “Kerrap tangga'” ini merupakan perpaduan antara kerapan sapi Madura dan sapi sonok. “Kerrap tanggha'” yaitu, sepasang sapi laki-laki dan juga sebagian sapi perempuan yang dihias dan menggunakan “kaleles” (Madura) yang biasa digunakan saat kerapan sapi. Tetapi dijalankan secara pelan layaknya sapi sonok.

“Kami sangat mendukung budaya “Kerrap Tanggha'”. Jangan sampai budaya kita hilang. Masuknya budaya barat (Eropa) jangan sampai menggerus budaya Madura tercinta,” terang Hairul Anwar.

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap budaya Madura, Hairul Anwar yang saat itu didampingi Wakil Ketua DPRD Sumenep, Faisal Mukhlis, memberikan penghargaan kepada pemilik sapi yang dinobatkan sebagai juara.

Dalam acara yang dimeriahkan seni kerawitan dan juga musik seronin, pemuda yang beberapa waktu lalu mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR RI tampak menikmati.

“Kami tau tidak mudah merawat sapi yang saat ini tampil dengan indah. Apalagi kami dapat informasi dari panitia, ada sapi yang ditampilkan disini harganya mencapai Rp 80 juta sepasang. Hal seperti itu perlu ditingkatkan untuk menambah nilai jual sapi Madura,” tukasnya. (Hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here