Rabu, 6 februari 2019.

LIMADETIK.com — Oleh : Subliyanto.

ARTIKEL, Baru-baru ini publik dikejutkan dengan publik figur berinisial AA yang terciduk dan dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba. Narkoba, sebuah zat yang memabukkan, yang dengannya manusia akan kehilangan akal sehatnya, sehingga semuanya akan terabaikan. Tentu ini menjadi warning buat kita terlebih di lingkungan keluarga bahwa betapa bahayanya narkoba.

Jika narkoba sudah masuk dalam lingkungan rumah tangga, maka yang terjadi adalah malapetaka. Apabila kejahatan narkoba sudah menguasai diri manusia, maka ia akan buta atas segalanya, ia lupa akan tugas dan tanggung jawabnya, karena ia sudah kehilangan kesdarannya.

Pesan-pesan kepada para generasi untuk menjauhi narkoba sangatlah penting untuk terus kita sampaikan. Mulai dari lingkungan internal keluarga, pendidikan, dan masyarakat sekitar sebagai bentuk ikhtiyar penyelamatan aset bangsa berupa generasi.

Fenomena-fenomena yang terjadi di sekitar kita dapat menjadi pelajaran bagi kita, sehingga kita bisa mengambil ibrah darinya, dan menjadi bekal bagi kita untuk senantiasa berusaha untuk menjadi lebih baik.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa manusia adalah tempat salah, lupa, dan berbuat khilaf. Maka faktor kesadaran dan menyadari atas sifat manusiawinya itu menjadi kunci agar kita mampu membelokkannya pada nilai-nilai kebaikan.

Kebaikan yang kita raih hari ini adalah sebuah prestasi yang harus kita syukuri. Sementara keburukan yang kita kerjakan hari ini menjadi sebuah evaluasi yang harus kita istighfari. []

Penulis adalah pendidik asal Pamekasan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here