https://limadetik.com/

Jika Tidak ada Surat Edaran Mendagri dan KPK Insentif Guru Ngaji Triwulan Pertama Bisa Segera Cair

  • Bagikan
IMG 20190326 WA0088

BANGKALAN, Limadetik.com — Insetif guru ngaji dan Madin di Kabupaten Bangkalan hingga saat ini belum cair. Padahal, pada saat kampanye tahun 2018 lalu Bupati Bangkalan RA. Latif berjanji akan memberikan Insentif guru ngaji dan Madin namun sampai Tri Wulan Pertama tahun 2019 belum juga bisa dinikmati mereka.

Plt Dinas Pendidikan (Disdik) Bambang Budi Mustika menyampaikan belum cairnya insentif guru ngaji dan Madin tersebut dikarenakan banyak kelengkapan yang harus diproses verifikasi, dan butuh waktu yang lama.

https://limadetik.com/

Namun menurut Bambang, bulan April yang akan datang dipastikan semuanya sudah rampung. Hal ini kata Budi membutuhkan waktu untuk memverifikasi dan validasi para penerima. Sebab, alasan belum selesainya pencairan insentif guru ngaji tersebut membutuhkan ketelitian.

“Yang kita lakukan sekarang proses verifikasi mas, karena memang banyak jadi butuh ketelitian makanya agak lama, mudah-mudahan April sudah ready semua,” ujar pak Bambang Budi Mustika. Selasa (26/3/2019).

Menanggapi hal itu, Komisi D DPRD Bangkalan, Nur Hasan angkat bicara, seharusnya bantuan guru ngaji dan Madin tersebut sudah cair untuk triwulan pertama jika mengikuti pada Daftar Pelaksana Anggaran (DPA).

“Harusnya jika kita mengikuti Daftar Pelaksana Anggaran (DPA, red) bantuan ini sudah bisa dicairkan untuk triwulan pertama, entah dengan cara simbolik, langsung ataupun bertahap” katanya.

Nur Hasan pun menduga kemungkinan Diknas masih terkendala teknis termasuk masalah verifikasi. Ia pun meminta pencairan insentif guru ngaji dan Madin itu tidak sampai bulan keempat.

“Jika tidak ada surat edaran Mendagri dan KPK bantuan ini harus segera dicairkan agar bisa cepar terealisasi, namun jika memang ada surat edaran dari KPK dan Mendagri untuk tidak dicairkan mengingat ini tahun politik yang dikhawatirkan disalahgunakan sebagai alat kampanye itu baru alasan untuk lambatnya pencairan tersebut” terang politisi PPP ini.

Itu sebabnya timpal Nur Hasan kembali, bantuan guru ngaji dan Madin ini harus segera dicairkan oleh pihak Diknas Bangkalan, karena memang sudah masuk pada bulan pencairan. ” Ya mau tunggu apa lagi, Diknas harus segera mencairkan bantuan Guru ngaji dan Madin kalau memang gak ada masalah lagi” harapnya. (ron/DN)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan