https://limadetik.com/

Kadinkes Sumenep Jamin Ketersediaan Oksigen Hingga ke Kepulauan

  • Bagikan
Kadinkes Sumenep Jamin Ketersediaan Oksigen Hingga ke Kepulauan
FOTO: Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono (dok limadetik)

SUMENEP, LimaDetik.Com – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur Agus Mulyono menjamin ketersediaan oksigen untuk pasien covid-19 hingga ke kepulauan yang ada di seluruh Kabupaten paling timur pulau madura.

Menurut Agus, pihaknya selalu mengantisipasi setiap kebutuhan masyarakat untuk kesehatan, termasuk yang terakhir viral di beberapa daerah di luar sumenep yang sempat mengalami kelangkaan oksigen untuk penanganan covid-19.

https://limadetik.com/

“Kami selalu memantau setiap hari kebutuhan di setiap puskesmas. Bahkan di RSUD selalu kami pantau agar tidak sampai terjadi kekurangan apa lagi kelangkaan terkait oksigen untuk penanganan pasien covid-19 di Kabupaten Sumenep” katanya, Rabu (14/7/2021).

Pihaknya juga lanjut Kadinkes Agus, tidak hanya memantau setiap puskesmas yang ada di daratan Kabupaten Sumenep melainkan terus melakukan kontrol untuk seluruh puskesmas yang ada di Kepulauan agar tidak sampai mengalami kekurangan kebutuhan untuk pelayanan kesehatan.

“Kemarin kami sudah mengirimkan sebanyak 14 tabung oksigen ke sejumlah kepulauan. Kendati sekalipun belum ada permintaan. Tetapi kita sudah melakukan antisipasi terlebih dahulu, karena mengingat jarak tempuh dan transportasi kepulauan tidak sama dengan daratan” tandasnya.

Sementara itu kata Agus, pihaknya juga sudah melakukan pengisian oksigen ke Surabaya untuk berjaga-jaga dan biar ada stok atau cadangan persiapan kedepan baik di rumah sakit maupun di setiap puskesmas.

“Hari ini Rabu 14 Juli kita sudah melakukan pengisian tabung oksigen ke Surabaya. Ada sekitar 60 tabung yang kita kirim untuk diisi, dan kita ini kita kawal terus” terangnya.

Untuk tabung oksigen lanjut mantan Sekretaris Dinas Kesehatan Sumenep itu, pihaknya memang hanya memiliki dua jenis tabung yakni tabung standard dan kecil. Sedangkan untuk harga dirinya tidak bisa menyebutkan dengan rinci.

“Tabung kita ukuran standard dan kecil, itu biar lebih mudah pengawalannya untuk pengiriman ke setiap daerah/puskesmas. Kalau untuk harga saya kurang tahu rinciannya. Tapi yang pasti ini semua untuk kemanusiaan” ungkapnya.

Terakhir Kadinkes Agus berharap dan mengimbau masyarakat untuk tetap taat pada prokes dalam situasi PPKM Darurat saat ini. Karena dengan demikian penyebaran covid-19 di Sumenep akan lebih mudah teratasi.

“Harapan kita semua, agar masyarakat Sumenep ikut membantu menghentikan laju penyebaran covid-19. Dalam artian masyarakat harus tetap mentaati prokes terlebih pada situasi PPKM Darurat ini” pungkasnya.

(yd/ls)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan