Ketua KPU Sumenep A. Warits

SUMENEP, Limadetik.com – Pada 27 Juni 2018, Jawa Timur akan melakukan pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Dalam Pilgub ini KPU Sumenep menemakan kendala. Pasalnya, 8 ribu surat suara ditemukan rusak saat dilakukan penyortiran dan penglipatan.

Sehingga, masih kekurangan surat suara sebanyak 7 ribu lebih dari jumlah pemilih yang telah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) 2018.

”Penyortiran dan pelipatan surat suara sudah selesai per 24 Mei kemarin. Terdapat 8 ribuan yang rusak, sehingg saat ini di Sumenep kekeruangan surat suara sebanyak 7 ribuan lebih,” kata Ketua KPU Sumenep A. Warits, Jum’at (8/6/2018).

Persoalan ini, sambung Waris telah disampaikan ke KPU Provinsi Jawa Timur dan akan segera dipenuhi. Sehingga kekurangan surat suara itu diyakini tidak akan mengganggu tahapan Pilgub.

”Informasi terkahir kalau bukan besok, ya besok lusa kekeruangan itu akan dipenuhi oleh KPU Provinsi,” ucapnya.

Menurutnya, selesai pelipatan surat suara akan didistribusikan ke tingkat kecamatan. Direncanakan pendistribusian itu akan dilakukan pertengahan bulan Juni.

Sedangkan pendistribusian logistik dari kecamatan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan dilakukan saat hari pencoblosan dilakukan. Pada Pilgub Jatim jumlah TPS sebanyak 2.400 TPS yang menyebar di 27 Kecamatan baik daratan maupun kepulaun.

”Pendistribusian direncanakan akan dilakukan mulai tanggal 18 Juni mendatang. Karena kami 17 Juni ini akan melakukan rapat dengan semua PPK khusus membicarakan soal pendistribusian itu,” tukasnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here