Kulit Kamu Rentan Berjerawat? Hindari Pemakaian Makeup Terlalu Lama

Oleh : Dianul Muslimah

LIMADETIK.com – Setiap wanita pasti menyukai penggunaan riasan makeup yang awet dan tahan lama, namun pada sebagian wanita yang mempunyai jenis kulit sensitif dan rentan berjerawat. Jika kulit kamu seperti itu, sebaiknya hindari penggunaan makeup yang terlalu lama dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Menurut dr. Anesia Tania, Sp.KK, seperti yang dikutip dari Kompas.com. Untuk kulit yang berminyak dan berjerawat sebaiknya kosmetik tidak lebih dari 6 jam menempel di wajah.

“Semua bahan-bahan dari kosmetik bisa terserap ke pori-pori kulit,” kata dokter dari klinik ZAP Premium ini.

Ia mengatakan, walau produk kosmetik yang kita pakai bersifat nonkomedogenik, tetap saja ada kemungkinan akan menyumbat pori-pori bila dipakai terlalu lama.

“Sebaiknya di pertengahan hari dihapus. Untuk yang Muslim bisa sekalian wudhu’. Baru setelah itu kulit dibersihkan dan re-apply lagi kosmetiknya,” kata dia.

Beberapa produk kosmetik yang juga berpotensi menyumbat pori-pori antara lain primer yang mengandung silikon, foundation, hingga bedak padat.

Itu sebabnya sebaiknya kulit harus dibersihkan dengan benar, yaitu dengan melakukan pembersihan ganda (double cleansing), lalu hidrasi kembali kulit menggunakan pelembab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here