BONDOWOSO, limadetik.com — Untuk meringankan korban kekeringan akibat musim kemarau, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa terjun langsung ke beberapa wilayah di 24 Kabupaten dan 180 Desa se Jatim yang mengalami kekeringan untuk menyalurkan truk tangki air bersih.

Hal tersebut juga dilakukan Khofifah di Kabupaten Bondowoso, Khofifah secara langsung menyalurkan 7 truk tangki air bersih dan 120 jirigen serta 120 Sembako kepada warga di  Dusun Jumas Desa Gayam Kecamatan Botolingo, Kamis (11/7/2019).

Bantuan tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai bahan memasak dan memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat setempat. Kunjungan ke Bondowoso, Gubernur Khofifah didampingi Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin dan Forpimda serta Kepala OPD terkait di Bondowoso.

Khofifah mengatakan jika Pemprov Jatim mengirim dan menyiapkan air bersih lewat mobil tangki, warga yang tinggal di daerah yang mengalami kekeringan bisa megatur waktu saat meraka membutuhkan air.

“Bentuk pelayanan seperti ini yang akan memudahkan masyarakat. Karena, kalau tangki mobil air memiliki keterbatasan waktu, namun jika sudah dipindah di tandon  air milik masyarakat akan lebih terjamin mendapatkan pasokan air bersih” tutur Khofifah dihadapan hadirin.

Khofifah juga menjamin, bahwa Pemprov Jatim akan memberikan pasokan air bersih lebih banyak guna mengantisipasi puncak kekeringan yang akan terjadi pada Agustus.

“Kami terus mengantisipasi puncak kemarau yang akan terjadi di bulan Agustus mendatang mulai dari sekarang, jadi kita bersama Pemkab disini akan bersinergi dan memaksimalkan ikhtiar untuk bisa menyediakan air bersih kepada masyarakat di desa yang mengalami kekeringan terutama ketersediaan air bersih di Bondowoso” tambahnya.

Sementara Khofifah minta Pemkab Bondowoso besok  sudah ada  yang diutus terutama Sekda dan Bapeda  agar  segera membuat pemetaan di sesuatu di buat lenoveksen nya opsi untuk  bisa  di paparkan secara konfrensif.

“Mengingat apa yang diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG),  akan kita lakukan segera mungkin  yang  di prediksi  InsyaAllah  lebih priper dan tepat sasaran” ujar Gubernur Wanita Pertama di Jawa Timur ini menutup pidatonya. (budhi/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here