https://limadetik.com/

Masyarakat Sumenep Perlu Waspada, Ini Peringatan BMKG Kalianget

Penulis: WahyuEditor: Lisa
  • Bagikan
Masyarakat Sumenep Perlu Waspada, Ini Peringatan BMKG Kalianget
FOTO: ilustrasi fenomena La Nina

SUMENEP, Limadetik.com – Masyarakt Kabupaten Sumenep, Jawa Timur diimbau dan dingatkan oleh BMKG agar selalu waspada saat memasuki musim hujan tiba. Sebab, keadaan cuaca sewaktu-waktu berubah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas III Kalianget, Sumenep, mengimbau agar masyarakat tetap selalu waspada, dimana menurut BMKG, fenomena La Nina diperkirakan akan melanda Kabupaten Sumenep.

https://limadetik.com/

“Kita imbau dan ingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap penomenan alam saat musim hujan tiba, terlebih fenomena La Nina diprediksi akan melanda Kabupaten Sumenep, pada November 2021. Fenomena ini akan berlangsung hingga Februari 2022,” kata Usman Kholid, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Kalianget, Rabu (3/11/2021).

Usman menyampaikan, La Nina merupakan fenomena musim global di Indonesia termasuk di Kabupaten Sumenep yang datangnya bisa secara tiba-tiba dan sangat berdampak.

“Fenomena La Nina seperti ini, biasnya disebabkan adanya kenaikan suhu di permukaan laut Pasifik bagian tengah dan timur. Sehingga akan menyebabkan curah hujan yang tinggi” terangnya.

Lebih lanjut Usman mengingatkan, yang perlu diwaspadai fenomena La Nina di tahun ini, di antaranya potensi bencana Hidrometeorologi. Seperti angin kencang, hujan deras dan sebagainya.

Oleh karenanya, dia kembali mengimbau masyarakat Sumenep, termasuk operator kapal dan nelayan agar selalu waspada dan berhati-hati dengan cuaca ekstrem di lautan.

“Kita minta kepada para operator kapal dan nelayan agar selalu berkoordinasi dengan BMKG maupun Syahbandar ketika akan beroperasi di lautan. Tujuannya untuk mengetahui kondisi perkembangan gelombang di lautan” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan