https://limadetik.com/

Menganalisa Audit Manajemen Fungsi Pemasaran pada PT.INKA

  • Bagikan
IMG 20210121 134202 e1611217364903
Penulis : Gilang Faishal Abdau
Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang

PT.INKA didirikan pada tanggal 18 Mei 1981, PT INKA (Persero) merupakan produsen kereta api  pertama di Asia Tenggara. PT.INKA fokus menghadirkan produk dan layanan berkualitas tinggi kepada konsumen dan menyediakan berbagai produk untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen, serta layanan purna jual (after sales) untuk memastikan pelanggan mendapatkan solusi transportasi terbaik. Selain dioperasikan di Indonesia, produk kami telah menyebar dan beroperasi di banyak negara di dunia, seperti Bangladesh, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura dan Australia.

https://limadetik.com/

PT INKA menerapkan beberapa cara agar target keuntungan yang ingin diraih dapat tercapai dengan baik dan juga agar nilai perusahaan dapat meningkat dari tahun ke tahun. Menurut dari data yang saya baca di web mengatakan bahwa PT INKA menerapkan strategi bauran pemasaran dalam kegiatan operasionalnya. Penerapan strategi bauran pemasaran dalam PT.INKA meliputi:

Produk.

Disini PT INKA menerapkan beberapa strategi dalam menghadapi para pesaing, yaitu: Bahan Baku Bahan baku yang digunakan oleh PT INKA adalah bahan-bahan pilihan yang berkualitas baik dan berstandart internasional, hal ini dilakukan karena PT Industri Kereta Api Madiun (PT INKA) tidak ingin jika nantinnya ada klaim dari pembeli tentang produk yang telah diproduksi dan dijual.

Inovasi Produk

Untuk inovasi produk disini PT INKA memakai strategi inovasi produk dengan memperbarui desain produknya dengan varian-varian baru serta PT INKA juga menerima desain baru sesuai dengan permintaan pembeli. Beberapa inovasi yang telah dilakukan PT INKA yaitu mengenai kecepatan kereta, teknologi yang digunakan, dan juga kereta dengan pengerak sendiri sehingga tidak memerlukan lokomotif, contohnya:kereta prameksdan sejenisnya.

Harga :

Tujuan Penetapan Harga

Dalam menetapkan harga jual produknya PT INKA memiliki tujuan yaitu untuk mencegah adannya pesaing lain yang ikut masuk dalam persaingan serta mempertahankan loyalitas konsumen untuk penggunakan ulang produk dari PT INKA.

Faktor yang Memengaruhi Penetapan Harga

Penetapan harga jual yang dilakukan oleh PT INKA dipengaruhi jenis kereta atau gerbong yang akan dipesan oleh pembeli, kondisi ekonomi, politik serta sosial suatu negara atau negara yang akan menjadi tujuan ekspor nantinnya.

Metode penetapan harga

PT.INKA dalam menetapkan harga jual produknya PT INKA memperhitungkan berapa biaya pengeluaran bahan baku dan biaya produksinya, hal ini dilakukan agar PT INKA mendapat keuntungan yang signifikan. PT INKA sendiri menjadi follower soal penetapan harga dengan cara melihat history harga kereta yang pernah dibuat oleh pesaing, jika harga pesaing sudah diketahui maka PT INKA akan mematok harga lebih rendah daripada pesaing sehingga pembeli lebih tertarik untuk membeli produk dari PT INKA.

Distribusi

PT INKA menggunakan satu metode saluran distribusi, saluran distribusi yang digunakan oleh PT INKA adalah saluran distribusi langsung tanpa melalui broker/perantara sehingga tidak memakan biaya yang terlalu banyak nantinya.

Promosi

Berikut adalah beberapa strategi promosi yang digunakan oleh PTIndustri Kereta Api Madiun sebagai strategi promosinya:

Internet/Website

PT INKA menggunakan media website dimana perusahaan memajang berbagai produk mereka agar para konsumen dapat mengenal produk mereka dengan baik. Selain itu PT INKAjuga menggunakan media e-mail, manfaat yang didapat dari penggunaan e-mail yaitu (tawaran produk) lebih cepat sampai ke tangan pembeli biaya yang relativ murah dan sebagai wadah keluhan pembeli ketika tidak puas terhadap produk dari perusahaan.

Personal Selling

Kegiatan personal selling merupakan salah satu strategi promosi dalam bauran pemasaran, yang dimana PT INKA menerapkan kegiatan personal selling dalam usaha promosinya, dengan bertatap muka dengan calon pembeli PT INKA dapat lebih mudah memperkenalkan dan menarik minta konsumen terhadap produk yang dihasilkannya.

Mengikuti Pameran / EventIndustri.

Dengan mengikuti event tersebut PT INKA dapat mengenalkan produk baru mereka kepada masyarakat luas. Selain produk baru, pameran digunakan PT INKA dalam mengenalkan produk lamanya yang sudah diberi inovasi terbaru, sehingga para calon pembeli mengetahui adanya pembaharuan produk yang sudah dilakukan oleh perusahaan.


catatan: semua isi artikel tanggungjawab penulis sepenuhnya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan