https://limadetik.com/

Mengenal Batik Tulis Sumenep

  • Bagikan
IMG 20200505 101337

SUMENEP, limadetik.com – Setelah Unesco mengakui batik sebagai kebudayaan Indonesia, kini batik semakin banyak peminatnya. Bahkan saat misalnya anda jalan-jalan ke luar daerah, tak jarang yang dicari adalah batik khas daerah tersebut.

Pasalnya, setiap daerah di Indonesia memiliki ragam batik yang berbeda. Begitupun juga batik tulis khas Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

https://limadetik.com/

Sumenep memiliki 126 pulau ini. Namun, motif batik tulisnya tidak menggambarkan keadaan pesisir atau indahnya pulau-pulau kecil. Jarang sekali ditemukan batik dengan motif perahu, ikan atau pantai.

Justru yang paling banyak ditemukan adalah batik motif bunga, dedaunan, dan binatang darat malah lebih dominan tergambar di corak batik ini. Tingkat kerumitan gambar-gambar tersebut, pun sangat menentukan harganya.

Ada bunga yang tergambar sederhana, apa pula yang tergambar dari sudut pandang unik, dengan kerumitannya. Dari itu, batik Sumenep motifnya atraktif, juga banyak yang tidak biasa.

Apalagi, Sumenep dikenal dengan batik tulis. Jarang sekali ditemukan batik cap atau print. Sehingga harganya lebih mahal dibandingkan daerah penghasil batik di daerah lain.

Harga batik tulis Sumenep berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 1,5 juta per lembar kain ukuran 2 meter. Meski demikian, para wisatawan yang berkunjung ke Kota Keris ini banyak yang memburu batik tulis.

Batik Sumenep menggunakan lebih dari dua warna, minimal tiga warna dalam satu lembar kain batik. Namun soal warna, batik ini tak memiliki warna khusus seperti batik semarang yang dominan warna merah terang dan kuning.

Uniknya lagi, dalam satu kain banyak yang terdiri dari beberapa motif. Mulai dua hingga tiga motif dalam satu kain. Walaupun terlihat ramai, tetapi kombinasi motifnya tetap terlihat harmonis, dan cocok.

Salah satu sentral batik di kabupaten dengan lambang Kuda Terbang ini berada di Jalan Raya Sumenep-Pamekasan, tepatnya di Desa Pakandangan Sangra.(hoki/yd) 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan