Pasca SK Penggantian Turun, Ketua DPRD Sumenep Angkat Bicara

Ketua DPRD Sumenep H.Herman Dali Kusuma

SUMENEP, limadetik.com – Ketua DPRD Sumenep, Jawa Timur, H. Herman Dali Kusuma akhirnya angkat bicara pasca turunnya SK DPP PKB tentang penggantian dirinya.

“Persoalan di BK sudah diselesaikan, makanya perlu dijelaskan. Namun, memang harus menyetorkan ulang nama-nama dari masing-masing fraksi,” kata H. Herman Dali Kusuma, Rabu (24/10/2018).

Hal itu menyikapi pernyataan Ketua DPC PKB Sumenep,  Imam Hasyim bebeberapa waktu lalu. menurutnya, pencopotan H. Herman memiliki dua alasan. Satu diantaranya ada beberapa kebijakan H. Herman yang dinilai tidak tanggap terhadap permasalahan di tubuh DPRD Sumenep, semisal Surat Keputusan Badan Kehormatan (SK BK) DPRD, yang hingga saat ini belum turun dari pimpinan.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Sumenep, H Herman Dali Kusuma mengatakan, persoalan BK DPRD Sumenep tidak mudah. Namun, dirinya sebagai ketua menyelesaikan hal tersebut dan sudah terbentuk sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sementara, Ketua DPC PKB Sumenep Imam Hasyim, pergantian posisi ketua karena persoalan Komisi Informasi (KI) yang sampai saat ini belum tuntas. Sehingga, itu dianggap sebagai menjadi alasan kuat pengambilan keputusan pemecatan tersebut.

Maka dari itu, kata Imam Hasyim, internal PKB berkesimpulan bahwa yang bersangkutan kurang mampu dalam menangani segala permasalahan yang ada di parlemen.

Terkait dengan itu, Ketua DPRD Sumenep, H Herman Dali Kusuma mengatakan, persoalan KI bukan tidak mau diselesaikan dan tidak disetorkan. Bahkan, dirinya sudah melakukan koordinasi dengan KI Surabaya hingga pusat.

”Tapi, mereka meminta scoring. Sementara, dari hasil Fit and propertest dari Komisi I, tidak ada scoring yang diberikan kepada pimpinan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Imam Hasyim mengatakan bahwa SK DPP PKB tentang pergantian ketua DPRD Sumenep, H Herman Dali Kusuma, yang diganti oleh mantan ketua Komisi III DPRD Sumenep yang juga Sekretaris DPC PKB Sumenep, H Dul Siam, telah berada di Sumenep dan sudah masuk ke Sekretariat DPRD Sumenep.

“Paripurna pergantian akan dilaksanakan dalam minggu ini,” kata Imam Hasyim. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here