Scroll Untuk Membaca Artikel
Nasional

Pelatihan Media Tanam Hydrogel Oleh KKN-T 17 Giligenting di Taman Kanak-Kanak PGRI Bringsang

×

Pelatihan Media Tanam Hydrogel Oleh KKN-T 17 Giligenting di Taman Kanak-Kanak PGRI Bringsang

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Media Tanam Hydrogel Oleh KKN-T 17 Giligenting di Taman Kanak-Kanak PGRI Bringsang
FOTO: Semangat para anak-anak saat berada belajar bersama mahasiswa KK-T UTM

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Tim KKN-T 17 Universitas Trunojoyo Madura pada senin, 4 januari 2023 pukul 07.30-09.00 melakukan pelatihan hydrogel yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak PGRI Bringsang, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Rabu (18/1/2023).

Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberi informasi baru kepada murid TK disana serta memberi pelajaran sembari bermain. Materi yang disampaikan oleh tim KKN-T 17 berkaitan dengan pengenalan apa itu hydrogel, kegunaan hydrogel sebagai media tanam dan bagaimana cara perawatanya.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Salah satu wali murid bernama Bu Ati yang hadir, sekaligus ibu kepala desa mengatakan bahwa, “Kegiatan pelatihan ini memberi pengetahuan baru kepada wali murid juga memberi kesenangan bagi murid-murid yang hadir dalam pelatihan media tanam ini” katanya.

Pembuatan media tanam hydrogel diawali dengan menyiapkan tanaman yang ingin di tanam menggunakan media tanam hydrogel dilanjutkan dengan mencuci semua bagian bagian tanaman mulai dari akar, batang dan daun dengan air bersih karena tanah yang tersisa dapat merusak hydrogel kemudian tanaman disimpan ke dalam wadah yang berisii air.

Langkah ini berguna untuk membiasakan dan melatih tanaman hidup pada tingkat kadar air yang tinggi lalu Siapkan hidrogel dengan masukkan ke dalam wadah yang telah diisi air sebanyak 1 liter (suhu normal) selanjutnya Biarkan selama 4 jam hingga hidrogel mengembang dengan sendirinya.

Pelatihan Media Tanam Hydrogel Oleh KKN-T 17 Giligenting di Taman Kanak-Kanak PGRI Bringsang
FOTO: Para mahasiswa KKN-T UTM bersama siswa/i TK di Desa Bringsang

Setelah hidrogel mengembang dengan cukup baik maka tiriskan dan bilas dengan air bersih Hidrogel telah siap untuk dimasukkan kedalam vas kaça transparan atau pot setelah itu Masukkan sebagian hidrogel (1/4 dari volume Vas yang digunakan).

Selanjutnya, masukkan tanaman kedalam vas secara perlahan dan hati-hati, Kemudian masukkan sisa hidrogel yang tadi ke dalam vas kaca hingga penuh dan menutupi semua akar-akar tanaman. Vas kaca yang telah berisi qtanaman dan hidrogel sudah siap diletakkan di ruang tamu atau ditempat lain sesuai keinginan Anda.

Menurut Riska mahasiswa Teknologi Industri Pertanian, salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut. “Antusias murid TK beserta guru yang mengikuti sosialisasi dan pelatihan media tanam hidrogel sangat semangat. Hidrogel sendiri merupakan mainan anak-anak yang ternyata juga dapat digunakan sebagai media tanam untuk tanaman hias sekaligus sarana bermain bagi para murid TK” ujarnya.

Penyampaian materi berjalan dengan lancar disertai foto bersama dengan seluruh murid TK dan para guru.

× How can I help you?