Scroll Untuk Membaca Artikel
Nasional

Kegiatan Kelompok 38 Mahasiswa UTM Selama KKN-T 2022

×

Kegiatan Kelompok 38 Mahasiswa UTM Selama KKN-T 2022

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Kelompok 38 Mahasiswa UTM Selama KKN-T 2022
FOTO: Kegiatan Mahasiswa UTM selama KKN di Dharma Champlong

LIMADETIK.COM, SAMPANAG – Salah satu kegiatan mahasiswa UTM dalam proses pembelajaran pada tahun 2022 adalah melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT). Kelompok 38 KKNT Universitas Trunojoyo Madura melakukan kegiatan tersebut di Desa Dharma Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Kelompok 38 KKNT Universitas Trunojoyo Madura membuat program kerja yang diharapkan bisa membantu masyarakat Desa Dharma Camplong yang bertemakan “Pemberdayaan masyarakat dan pengembangan potensi desa”.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh kelompok 38 KKNT Universitas Trunojoyo Madura dimulai dengan pembukaan kegiatan KKN-T yang diselenggarakan di kediaman sekretaris desa atau biasa disebut careg oleh warga sekitar.

“Program kerja besar kelompok 38 KKNT Universitas Trunojoyo Madura yaitu membuat inovasi baru untuk mengembangkan salah satu potensi desa yaitu jambu klampok agar bisa menjadi produk olahan jangka panjang” kata ketua kelompok 38 KKN-T UTM, Reihan Adiasta, Rabu (18/1/2023).

Menurutnya, dari berbagai inovasi yang sudah direncanakan oleh kelompok 38 KKNT Universitas Trunojoyo Madura yaitu mengolah jambu Klampok menjadi manisan basah, manisan kering, dodol, dan selai.

“Kelompok 38 KKNT Universitas Trunojoyo Madura menghasilkan dua produk yang dirasa berhasil dari eksperimen tersebut yaitu dodol dan selai yang berbahan dasar jambu klampok” terang Reihan.

Tidak hanya mengolah jambu klampok menjadi satu olahan jangka panjang, kelompok 38 KKNT Universitas Trunojoyo Madura juga melakukan kunjungan masyarakat yang menemukan beberapa usaha dari masyarakat contohnya kreker, keripik tempe, ikan kering, olahan kue kering, olahan kue basah, dan lain sebagainya.

Di sela-sela kegiatan KKNT Universitas Trunojoyo Madura, kelompok 38 KKNT Universitas Trunojoyo Madura ini juga melakukan kegiatan proses belajar mengajar, baik di bidang matematika, bahasa Inggris, IPA, dan membaca Al-quran.

Puncak kegiatan yang dilakukan oleh kelompok 38 KKNT Universitas Trunojoyo Madura adalah melakukan Semarak UMKM Dharma Camplong yang bertemakan “Pemberdayaan UMKM dan Pengembangan Potensi Desa sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”

Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sampang, dan perangkat desa pada tanggal 16 Januari 2023 di kediaman Sekretaris Desa Dharma Camplong.

× How can I help you?