https://limadetik.com/

Perangkat Lunak Menjadi Solusi Terbaik dalam Proses Audit

  • Bagikan
Perangkat Lunak Menjadi Solusi Terbaik Dalam Proses Audit

Oleh: Ericka Puspitasari

(Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)

https://limadetik.com/

Audit ialah kegiatan rutin yang dilakukan perusahaan untuk menilai kinerja karyawan dan manajemen yang berdasarkan proses bisnis dan SOP yang telah ditetapkan perusahaan. Audit biasanya dilakukan oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan yang berkompetensi dan dipilih perusahaan. Nyatanya, audit internal memiliki kesempatan besar untuk mengungkap masalah dan menyelesaikannya sebelum audit eksternal dimulai. Audit internal terkadang memungkinkan lebih banyak perbaikan dibanding audit eksternal karena adanya kemungkinan perusahaan untuk meninjau proses yang lebih sering dan lebih teliti.

Audit dilaksanakan dan dikembangkan karena memberikan banyak manfaat bagi dunia bisnis, terutama oleh pelaku ekonomi yang menggunakan hasil laporan audit sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Salah satunya sistem manajemen audit sangat diperlukan untuk pemeriksaan sistematis atas tindakan dan keputusan yang berkenaan dengan masalah QHSE (Quality, Health, Safety & Environment), untuk menverifikasi atau mengevaluasi secara independen dan melaporkan kesesuaian dengan persyaratan operasional program.

Dan disinilah tepatnya untuk perkangkat lunak otomatisasi audit yang juga dikenal sebagai perangkat lunak manajemen audit, membuat perubahan. Alat audit yang tepat berfungsi sebagai solusi untuk mengotomatiskan seluruh proses audit dalam sistem berbasis cloud yang menghemat waktu audit dan meningkatkan kualitas dan efesiensi.

Dengan penggunaan teknologi dan dukungan yang muncul, perangkat lunak manajemen audit membantu perusahaan memvalidasi kepatuhan terhadap proses, dapat memicu tindakan korekstif dengan cepat dan laporan intuitif yang jelas untuk meningkatkan kepatuhan. Saat ini, perangkat lunak manajemen audit mengambil langkah ke depan dan memberikan pemahaman yang sebenarnya tentang operasional dan kesehatan kualitas perusahaan untuk tindakan dimasa datang yang lebih baik.

Perangkat lunak manajemen audit membantu individu untuk memanfaatkan kelebihan teknologi untuk menanamkan kecerdasan dalam proses, meningkatkan proses dan kualitas, dan mengurangi resiko. Berkat kesederhanaan dan kemudahan penggunaan, perangkat lunak ini semakin banyak digunakan tanpa perlu pelatihan IT secara formal.

Sebagian besar perusahaan, audit berbasis kertas masih merupakan cara yang harus dilakukan dan harus diubah. Dengan audit berbasis kertas, kemungkinan kesalahan manual serta kulitas dan efisisensi rendah menjadi tinggi. Lalu, apa saja keuntungan jikan beralih ke perangkat lunak manajemen audit berbasis teknologi:

1. memudahkan proses audit

Keuntungan pertama dan terpenting dari perangkat lunak manajemen audit adalah mempermudah seluruh proses audit. Ini sangat mudah digunakan karena dilengkapi dengan panduan intuitif untuk membantu auditor memulai dalam waktu singkat.

2. standarisasi untuk semua jenis audit

Keuntungan perangkat lunak manajemen audit adalah untuk menstandarisasi semua jenis audit. Namun, ada berbagai jenis perangkat lunak manajemen audit yang tersedia di industri.

3. meningkatkan kinerja

Audit berbasis kertas lebih beresiko karena Auditor perlu menulis data secara manual pada audit berbasis kertas. Oleh karena itu, dibutuhkan banyak waktu, tenaga dan uang untuk mengumpulkan dan menyimpan data audit. Selain itu, audit berbasis kertas mungkin mengandung kesalahan seperti human error.

4. memperkuat keamanan data

Dengan audit berbasis kertas, ada kemungkinan kertas bisa rusak atau hilang. Jadi, ada kelemahan dalam keamanan data. Dalam hal standarisasi audit perusahaan, keamanan data memerlukan perhatian yang ekstra. Jadi, perangkat lunak manajemen audit memperkuat keamanan data. Perangkat lunak akan menyimpan data di cloud. Jadi, tidak ada dokumen yang kemungkinan kehilangan data . Karenanya, keamanan data sangat ditingkatkan.

5. menghasilkan laporan yang lebih cepat

Manfaat terpenting dari perangkat lunak manajemen audit adalah ia menghasilkan laporan dengan sangat cepat. Setelah data diambil dari perangkat lunak manajemen audit, laporan tidak membutuhkan waktu untuk menghasilkan laporan. Laporan yang dihasilkan oleh perangkat lunak audit sangat intuitif dan profesional. Dan, ini membantu perusahaan mengambil keputusan berdasarkan data.

6. menghemat biaya tambahan

Perangkat lunak manajemen audit tidak disertai dengan perangkat keras tambahan. Jadi, ini menjadi investasi hanya dari perangkat lunak audit karena, tidak ada biaya tambahan yang menyertainya. Audit selalu menjadi masalah bagi perusahaan. Namun, dengan perangkat lunak manajemen audit, perusahaan meminimalkan biaya hingga 60% dari waktu audit tanpa kesalahan manual dan laporan yang sangat intuitif.


[Catatan: seluuruh isi artikel ini tanggung jawab penulis sepenuhnya]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan