SUMENEP, limadetik.com – Sejumlah nelayan Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur akan menggelar Petik Laut atau selamatan laut. Petik laut ini di tempatkan di Pasar Ikan, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi.

“Petik laut ini rutin digelar setiap tahun. Tujuannya untuk keselamatan para nelayan yang sehari-hari mencari ikan,” kata Ketua Panitia Petik Laut bagian Pantura, Tohari, Sabtu (16/3/2019).

Tahun ini, petik laut digelar selama tiga hari dengan berbagai macam kegiatan yang telah disiapkan oleh panitia. Seperti Seni Tayup, Ludruk Rukun Karya dan kegiatan petik laut juga akan diisi oleh pengajian akbar dengan penceramah Prof. Dr. KH. Imam Mawardi dari Surabaya.

Berdasarkan jadwal panitia, hari ini adalah konvoy perahu hias dan Ludruk Rukun Karya. Kemudian pada Minggu seni tayub dan malam harinya Rukun Karya akan kembali menghibur dengan masyarakat Kota Keris.

“Nantinya pada Senin malam, akan diisi dengan pengajian umum dimana pencerahnya KH. Imam Mawardi dari Surabaya,” terangnya.

Rukun Karya ini merupakan ketoprak asal Desa Tanjung yang sering tampil di luar Madura. Bahkan beberapa waktu lalu, keroprak ini tampil di Jakarta dalam rangka Haul Gus Dur atau KH. Abdurrahman Wahid. (hoki/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here