Scroll Untuk Membaca Artikel
Headline News

Polres Bondowoso Lakukan Giat Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2023

×

Polres Bondowoso Lakukan Giat Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2023

Sebarkan artikel ini
Polres Bondowoso Lakukan Giat Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2023
FOTO: Penyematan pita operasi oleh Kapolres Bondowoso

Polres Bondowoso Lakukan Giat Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2023

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Polres Bondowoso melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Semeru 2023, dengan tema Kamseltibcar Lantas yang kondusif menuju pemilu damai 2024.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Apel ini melibatkan aparat gabungan terdiri TNI-Polri, Dishub, Satpol PP, dan jajaran fungsi Polres Bondowoso dan dipimpin langsung oleh Kapolres Bondowoso, AKBP Bimo Ariyanto.

Dalam amanat Kapolda Jatim yang dibacakan Kapolres Bondowoso AKBP Bimo, bahwa salah satu permasalahan kompleks di bidang lalu lintas adalah keselamatan berlalu lintas yang erat kaitannya dengan kecelakaan lalu lintas.

“Dimana, secara serius mempengaruhi stabilitas sosial dan ekonomi. Kecelakaan lalu lintas telah meningkat sejalan dengan peningkatan penggunaan kendaraan, perubahan hidup, dan peningkatan beresiko di jalan raya” kata Kapolres dalam amanatnya, Senin (4/9/2023).

Sekitar 1,254 % pelanggaran lalu lintas selama tahun 2022 dengan 38.181 tilang akibat kecelakaan lalu lintas terjadi selama kurun waktu tahun 2022 sekitar 38,24 % kasus.

“Saat ini perkembangan trasnportasi juga telah menginjak era digital, dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman. Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi,” ucap Kapolres Bimo.

Dijelaskan, pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2023 berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 4 sampai 14 September 2023 dengan 7 prioritas pelanggaran yang dilakukan penindakan Gakkum secara Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan teguran langsung, diantaranya pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi atau pengendara ranmor yang masih dibawah umur, pengemudi yang berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI dan tidak menggunakan safety belt, pengemudi dalam pengaruh alkohol.

Dalam melakukan Operasi Zebra Semeru 2023 kedepankan kegiatan peemtif dan preventif didukung pola kegiatan penegakan hukum lantas secara elektronik dengan menggunakan ETLE statis dan mobile, teguran serta tidak diperbolehkan melaksanakan penegakan hukum lantas secara manual.

“Laksanakan kegiatan operasi dengan penuh simpatik dan humanis” pesan AKBP Bimo.

Kegiatan kemudian dilanjutkan sosialisasi Operasi Zebra Semeru 2023 dengan membagikan brosur kepada pengendara motor yang melintas di jalan Ahmad Yani Bondowoso.

× How can I help you?