https://limadetik.com/

Program Desa Tematik, Cara Pemkab Pamekasan Percepat Pertumbuhan Ekonomi

Penulis: Adv/ArifEditor: Wahyu
  • Bagikan
Program Desa Tematik, Cara Pemkab Pamekasan Percepat Pertumbuhan Ekonomi
FOTO: Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dalam satu kesempatan acara

PAMEKASAN, Limadetik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, berupaya mempercepat program pemulihan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah itu melalui program desa tematik yang digagas oleh Bupati Baddrut Tamam.

Menurut Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, desa tematik merupakan program yang ditetapkan Pemkab Pamekasan dalam upaya memfokuskan pengembangan ekonomi masyarakat desa dalam satu bidang tertentu.

https://limadetik.com/

“Misalnya di desa itu, potensi ekonomi dominan di bidang pariwisata, maka tema yang perlu dikembangkan adalah ekonomi pariwisata desa,” katanya, Rabu (15/06/22).

Mas Tamam sapaan akrab bupati muda itu mengatakan, jika potensi ekonomi dominan bidang pertanian, maka tema pengembangan ekonomi desa adalah pertanian.

“Program desa tematik itu juga sebagai salah satu upaya, agar dukungan program pada desa lebih fokus pada bidang tertentu, sehingga hasilnya akan lebih baik dan lebih maksimal. Oleh karena itu, sambung Bupati, sejak pertama dirinya memimpin Pamekasan, langsung meminta kepada para kepala desa, agar bisa menetapkan tema pengembangan ekonomi desa.,” tuturnya.

Bupati Baddrut Tamam menjelaskan, di Kabupaten Pamekasan itu, terdapat 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan.

“Dari 178 desa tersebut, desa yang telah menetapkan tema hingga akhir 2021 ini sebanyak enam desa, yakni pada 2019 sebanyak satu desa dan pada 2021 sebanyak lima desa,” katanya.

Pada 2019 desa yang telah menetapkan tema pengembangan ekonomi adalah Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, sedangkan pada 2021, terdiri dari Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Desa Gagah, Kecamatan Kadur, Desa Kertagena Dajah, Kecamatan Kadur, Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan dan Desa Samatan, Kecamatan Proppo.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan