SIDOARJO, Limadetik.com — Kabupaten Sidoarjo kembali terkena bencana puting beliung (16/1/2019) krmarin, Kali ini yang terdampak kecamatan Waru tepatnya di RT 20 RW 02. Akibat puting beliung banyak rumah warga yang rusak dan pohon yang tumbang sehingga menganggu arus lalu lintas.

Pohon tumbang akibat puting beliung dan menghalangi ruas jalan di sidoarjo

Komunitas ILKS (Info Lantas Kriminal dan Sosial) Iwak Sepat (Serba Cepat) dan beberapa komunitas yang lainnya mengadakan survey sesaat setelah puting beliung, untuk keperluan apa saja yang diperlukan untuk kegiatan yang akan dilakukan esok hari.

Ketua RT 20 Zaidin menceritakan kejadian sekitar pukul 14:15 WIB kurang lebih 20 detik terjadi angin puting beliung dan jumlah yang berdampak sekitar 30 rumah yang terdata sementara.

“Rata-rata rumah yang rusak atapnya, kejedaiannya sebentar sekitar 20 detik gitu, banyak genteng dan bagian atas yang hilang. Jadi kita berharap agar pemerintah segera memberikan bantuan untuk korban bencana karena rumah tinggal yang terdampak” katanya.

Dicky, Ketua ILKS saat di hubungi awak media mengatakan “Kami dari ILKS akan menerjunkan sekitar 15 personel, selain tenaga kami juga akan memberikan bantuan materi apa yang dibutuhkan oleh para korban bencana puting beliung di Kecamatan Waru.” ujarnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Komunitas URC-B Sepat (Unit Reaksi Cepat – Bencana Serba Cepat) yang akan menurunkan anggota sekitar 10 personel yang sudah terbiasa dan terlatih dalam menangani bencana.

“Sekitar 10 personil yang akan kita turunkan untuk menangani dan membantu warga yang terdampak puting beliung, mereka semuanya udah terbiasa turut dalam menangani bencana” ujar Komandan URC-B Sepat M. Fauzi.

Sementara itu, Banser-Ansor juga tengah menurunkan sekitar 50 personel untuk membantu warga yang terdampak “Bansen dan Ansor menurunkan sekitar 50 personil” ujar ketua PAC Ansor Waru, Samsul Huda. (ST/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here