Scroll Untuk Membaca Artikel
Artikel

Seberapa efisien sistem pelayanan publik yang ada di Indonesia?

×

Seberapa efisien sistem pelayanan publik yang ada di Indonesia?

Sebarkan artikel ini
Disusun Oleh: Aisyah Nur Fazri Prodi: Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
ilustrasi

Seberapa efisien sistem pelayanan publik yang ada di Indonesia?

Disusun Oleh: Aisyah Nur Fazri
Prodi: Administrasi Publik
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

________________________

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

OPINI – Pelayanan publik merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan pemerintah beserta aparaturnya kepada masyarakat dalam mewujudkan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat sekaligus memberikan kepuasan kepada masyarakat yang dilayani.

Pelayanan yang ada memang sudah baik, namun ada juga yang masih perlu dilakukan kajian atau pengawasan dalam sistem pelayanannya. sistem pelayanan yang sudah baik harus tetap dipertahankan dalam melakukan pelayanannya untuk masyarakat, karena masyarakatlah yang menilai tentang baik dan buruknya suatu sistem pelayanan yang ada di daerah.

Contoh dari sistem pelayanan yang baik ialah dengan cara mewujudkan pemerintahan yang baik ialah dengan terciptanya suatu produk layanan yang efektif, efisien dan akuntabel dari pemerintah yang diarahkan untuk masyarakat.

Namun, pelayanan publik yang ada di Indonesia ini menurut pendapat dari masyarakat ialah masih kurang puas. Hal ini dikarenakan dalam pelayanan mengurus surat menyurat seperti tidak tersedianya blangko untuk mengurus kependudukan,

Hal inilah yang membuat masyarakat kecewa dan kurang puas dengan pelayanan publik yang ada di pemerintah. Serta sebagian orang untuk menggunakan jasa orang dalam dengan mengeluarkan uang lebih untuk mengurus surat menyurat dengan pelayanan yang cepat.

Tentu hal seperti inilah yang perlu dilakukannya pengawasan dari pemerintah, karena bagaiman bisa blangko untuk data kependudukan bisa habis, namun jika kita membayar orang untuk mengurus Maka Akan langsung jadinya hanya Satu Hari bahkan hitungan jam.

Jadinya dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik yang ada di Indonesia saat ini masih belum efisien, hal ini dikarenakan adanya kecurangan dari administrator bahkan pegawai pelayanan publik.
________________________________

Opni ini dipublish untuk tugas perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

× How can I help you?