Sejak Juni Sumenep Alami Kekeringan, BPBD: Prediksi Puncak Kemarau Hingga September

SUMENEP, Limadetik.com – Sejak Juni 2018, sebagian wilayah di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mengalami kekeringan. Kekeringan itu diprediksi masih akan berlangsung hingga September nanti.

“Berdasarkan rilis dari pihak berwenang puncak kemarau di prediksi akan berakhir pada bulan september nanti,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Rahman Riadi, Rabu (29/8/2018).

Berdasarkan data di BPBD terdapat 10 dari 27 kecamatan yang dilanda bencana kekeringan. Salah satunya Kecamatan Batuputih, Kecamatan Pasongsongan, Kecamatan Saronggi, Kecamatan Rubaru dan Kecamatan Dasuk.

10 kecamatan itu dilanda bencana kekeringan sejak Juni lalu. Sebagai langkah antisipasi BPBD telah mendropping air bersih ke sejumlah desa yang membutuhkan. Itu dilakukan agar bencana musiman itu tidak merembet ke desa lainnya.

“Kami berharap seluruh perangkat daerah, aparat di wilayah baik camat dan kepala desa agar cepat tanggap dalam merespon laporan dari masyarakat, sehingga penanggulangan bisa lebih optimal,” tukasnya. (hoki/swd)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here