Seorang Meninggal Terhanyut Oleh Derasnya Sungai Sumbermalang Situbondo

Salah satu jembatan di Desa Petegalan Situbondo penghubung desa putus

SITUBONDO, Limadetik.com – Banjir bandang menyisakan pilu. Pria asal Sumbermalang di temukan di aliran Sungai Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Minggu (7/1/2018) sore.

Informasi yang dihimpun, sesosok mayat yang ditemukan tergeletak di atas batu di aliran Sungai Baderan, Kecamatan Sumbermalang itu adalah warga tetangga desa. “Kalau tidak keliru korban itu namanya Pak Maryam, (58) asal warga Desa Taman Kursi”, ungkap Edi, warga setempat.

Pria asal Sumbermalang Situbondo meninggal dunia tergerus derasnya air sungai

Kepala Desa Baderan, Sumbermalang Rosidah, membenarkan “Benar, korban adalah warga Desa Taman Kursi”, saat dikonfirmasi via telepon.

“Korban Maryam, (58) merupakan ulu-ulu air asal warga Dusun Pakualas, Desa Tamankursi, Kecamatan Sumbermalang, tidak bisa menghindar dari  derasnya banjir saat memperbaiki sawahnya terseret banjir dan tersendat di batu”, tambahnya.

Selanjutnya, “Saat ditemukan warga sudah dalam keadaan meninggal,” jelas Edi salah satu tokoh masyarakat setempat.

Selain itu pantauan media ini banjir juga menerjang ratusan hektar sawah rusak total, dan menghantam jembatan penghubung antar desa diwilayah Kecamatan Sumberamlang terputus sehingga aktifitas warga terganggu.

“Ini sudah ke 6 kalinya melanda di wilayah kecamatan Sumbermalang, kali ini yang terbesar”, ungkap Edi.

Menurut Edi, “Salah satu faktor ambruknya jembatan disebabkan karena insfrastruktur yang buruk. Ia menyayangkan kepada dinas terkait seperti dinas bina marga dan pengairan belum memperbaiki insfrastruktur di wilayah Kecamatan Sumber Malang”.

Gatot Trikorawan, anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah Situbondo (BPBD) membenarkan, “Satu korban meninggal dan seseorang lainnya terperangkap banjir, namun berhasil diselamatan. Selain itu jembatan penghubung 3 Desa diantaranya, Sumberejo, Kalirejo dan Pategalan terputus”. (Aka/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here