https://limadetik.com/

Sidak Dua Gudang Tembakau, Bupati Pamekasan Temukan Harga di Atas BEP

  • Bagikan
sidak gudang bupati
Bupati Baddrut Tamam saat sidak dua gudang tembakau di Pamekasan

PAMEKASAN, LimaDetik.Com – Dua gudang tembakau di Kabupaten Pamekasan mendadak didatangi Bupati Baddrut Tamam, bersama Kapolres dan Dandim Pamekasan. Kedatangan orang nomer 1 di Kota Gerbang Salam tersebut dalamrangka Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk memastikan harga tembakau di dua gudang yang ada di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (16/9/2020).

Dalam sidak tersebut yang menjadi sasaran adalah PT Djarum dan Gudang PT Alliance One Indonesia (AOI), yang berada di Jalan Raya Nyalaran Pamekasan.

https://limadetik.com/

Baddrut Tamam mengatakan, dirinya selaku Bupati Pamekasan, ketika sidak di gudang tersebut menemukan harga di atas BEP(Break Event Point), yaitu Rp, 42.000 dan harga terendah sekitar Rp, 36.000.

“Ketika di lapangan (gudang). Kami langsung menyaksikannya dan harga tembakau yang masuk di Gudang itu melebihi BEP. Dan otomatis petani sangat senang. Itu artinya pabrikan sudah membeli sesuai dengan kesepakatan bersama pemerintah” katanya.

Labih lanjut Baddrut Tamam, mwngatakan, ketika pertemuan antara Pemerintah, Asosiasi Petani Tembakau, dan Pabrikan dicapai tiga macam harga untuk jenis tembakau. jenis tembakau sawah seharga 32 ribu, tembakau tegal sebesar 41 ribu, sedangkan untuk tembakau jenis gunung dihargai sebesar 54 ribu.

“Kesepakatan soal harga ini bukan ditentukan kita atau pemkab melainkan merupakan kesepakatan dari pertemuan yang sudah dilaksanakan sebelumnya,” jelas Mantan Anggota DPRD Provinsi Jatim ini.

Dikatana Baddrut, jika dirinya akan selalu berkomitmen untuk memberikan perlindungan kepada petani dan pabrikan. Asalkan petani sama-sama jujur, dan pabrikan juga membeli sesuai regulasi, dengan kata lain tidak ada permainan di dalamnya.

“Maka kami tidak mau tahu, jangan sampai ada tembakau yang bagus, akan tetapi pabrikan justru membeli dengan harga yang murah. Pemerintah akan mengatur regulasinya. Saya bersama dengan Forkompimda akan melakukan pembelaan yang nyata kepada petani yang menginginkan kesejahteraan semakin bagus jika memang ditemukan hal yang merugikan petani” pungkasnya.

(Arif/Adv)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan