Soal Kisruh Rekrutmen PT Sumekar, Timsel: Silahkan Gugat ke PTUN

Palu Hakim di persidangan (ilustrasi)

SUMENEP, limadetik.com – Persoalan rekrutmen Direksi PT Sumekar di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur sampai saat ini masih belum menemukan titik temu. Pasalnya, pengangkatan direksi salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kota Sumekar ini dinilai menyalahi aturan.

Tim seleksi (Timsel) rekrutmen PT Sumekar, Carto dengan tegas mempersilahkan menempuh jalur hukum. Karena, proses seleksi yang dilakukan oleh Timsel telah dinyatakan selesai dan tidak ada persoalan yang dianggap tidak sesuai dengan peraturan atau perundang-undang yang berlaku.

“Kita sudah sepakat itu, kita juga sesuai dengan tugas tuksinya yang diemban pada kita, kita selesai,” kata Carto, Kamis (14/2/2019).

Menurutnya, meski terdapat beberapa persoalan pihaknya tidak berani untuk mengulang proses rekrutmen tanpa dasar hukum. “Apabila ingin mengulang kembali (rekrutmen), itu harus pakai jalur hukum. Tidak bisa juga kita membatalkan ini,” tegasnya.

Salah satu caranya, sambung Carto, harus melalui gugatan melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) atau melalui Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN).

“Untuk meluruskan itu, ya ‘monggo’ lalui jalurnya PTUN atau adminitrasi apa, kan namanya buatan manusia SK (surat keputusan) bisa diganti,” ungkapnya.

Sementara ketika disinggung soal rekrutmen yang dianggap bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), terutama pada Pasal 57 Poin L, pria yang juga menjabat Asisten I Setkab Sumenep itu mengaku tidak ada persoalan. Sebab, dirinya juga mempunyai dasar hukum.

“Anggapan, kan itu sama-sama punya anggapan kan, mereka punya anggapan kita juga mempresentasikan sendiri terhadap peraturan itu, kita menganggap sudah sesuai,” tukasnya.

Sebegaimana diketahui, ramai diberitakan dua Direksi yang telah dilantik diketahui merupakan seorang politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Moh. Syafi’I. Dia sebagai mantan Ketua PAC PKB Kecamatan Arjasa. Sementara, Achmad Zainal Arifin saat ini masih terdaftar di daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Jawa Timur pada Pemilu 2019 dari PKB.(hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here