Ternyata Ini Kecanggihan Smart ID Card Pemkab Sumenep

Titik Suryati

SUMENEP, Limadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur secara resmi meluncurkan Sistem Informasi Absensi Pegawai (SIAGA) dan Smart ID Card beberapa hari lalu.

Penerapan Siaga Online dan Smart Id Card tersebut dalam rangka meningkatkan kedisiplinan dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BPKPSDM) Titik Suryati menjelaskan, sebelum diluncurkan program SIAGA Online dan Smart ID card, pihaknya telah melakukan uji coba sistem tersebut pada bulan April 2017, dan hasilnya sangat memuaskan.

Buktinya, sejak dilakukan uji coba pada April 2017 hingga Desember 2017, tingkat kedisiplinan ASN cukup signifikan, yakni dari 22,02 persen menjadi 87,82 persen.

“Selain itu, Smart ID Card memiliki kecanggihan yang luar biasa. tidak hanya berfungsi sebagai sebagai tanda pengenal atau profil saja,  melainkan juga sebagai ATM dan E-money, serta pencairan tunjangan kinerja,” kata Titik Suryati, Selasa (22/5/2018).

Titik menjelaskan, pada barcode Smart Id Card milik masing-masing ASS tersimpan data-data penting yang terus update, seperti rekap absensi dan jam kehadiran.

“Dibarcode kartu sudah lengkap, ASN hadir jam berapa, terlambat berapa jam dan lan sebagainya. Pokonya disitu komplit dan benar-benar smart,” tukasnya.

Sekedar diketahui, jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sumenep, sejak April 2018 mencapai 9.423 orang, sedangkan yang bertugas di Kepulauan sebanyak 1.840 orang. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here