oleh

Tiga Gudang Tembakau di Sumenep Layani Pembelian

SUMENEP, limadetik.com – Pada musim panen tembakau tahun ini, terdapat tiga gudang yang mulai melakukan pembelian tembakau.

Ketiga gudang tersebut beberapa waktu lalu telah mengirim surat pemberitahuan kepada pemerintah daerah untuk melakukan pembelian tembakau.

“Tiga gudang tembakau sudah melayani pembelian,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Sumenep, Arif Firmanto, Rabu (16/9/2020).

Ketiga gudang yang melakukan pembelian tembakau, yakni PT. Gelora Djaja Surabaya, UD. Denny Harsono AS Pamekasan dan PT. Giri Dipta Sentosa di Kecamatan Guluk-guluk.

Hanya saja, dia belum menjelaskan harga tembakau yang dibeli oleh para pedagang. Sementara berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, harga tembakau saat ini antara Rp 24 ribu sampai dengan Rp 29 ribu per kg di tingkat petani.

Kuota tembakau di Kota Keris tahun ini sekitar 8.595 hektare. Sedangkan tahun sebelumnya 14.337 hektare. Dari produksi petani dan serapan pabrikan tahun ini masih relatif seimbang.

“Kalau dihitung produksi petani saat ini masih sekitar lima ribu-an,” imbuhnya.(hoki/yd)

Komentar

Berita Terkini