Scroll Untuk Membaca Artikel

Tinjau Lokasi Banjir Ijen, Emil : Kita Akan Percepat Relokasi Warga

×

Tinjau Lokasi Banjir Ijen, Emil : Kita Akan Percepat Relokasi Warga

Sebarkan artikel ini
IMG 20200318 222154
Wartawan limadetik.com saat wawancara cegat Wagub Jatim Emil Dardak

BONDOWOSO, Limadetik.com — Emil Elestiyanto Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur terjun langsung ke Bondowoso untuk meninjau perkembangan pemulihan daerah terdampak banjir bandang di Kecamatan Ijen, Bondowoso, Rabu (18/3/2020).

Dirinya memastikan proses penanganan bencana banjir cepat diselesaikan.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

“Saya diutus Ibu Gubernur untuk menindaklanjuti pasca banjir kedua yang terjadi di Ijen. Bagaimana situasi dan kita ingin mempercepat proses relokasi warga” kata Emil saat ditanya Limadetik.com.

Menurutnya, bantuan penanganan bencana harus segera diselesaikan. Baik itu yang bersifat jangka pendek maupun jangka panjang.

“Tentang kebutuhan jangka pendek diantaranya adalah memastikan droping air bersih berjalan dengan lancar selama perbaikan prasarana perpipaan air minum, perbaikan MCK umum, perbaikan Kantor Kecamatan dan Sekolah dan proses belajar anak-anak pasca libur juga harus difikirkan” tambahnya.

Serta untuk kebutuhan jangka panjang, Emil juga telah mengintruksikan PUPR untuk egera melakukan normalisasi sungai dan pembangunan dam pengendali air.

“Kalau mengenai relokasi memang membutuhkan waktu, namun saya harap segera terselesaukan, yakni pada perumahan Kampung Baru ke lahan Perhutani, sedangkan Kantor Kecamatan dan Sekolah Dasar Sempol akan direlokasi ke tanah milik PTPN XII. Sedangkan pihak PTPN XII maupun Perhutani selaku pemilik tanah yang akan di tempati telah menyiapkan lokasi yang dipastikan aman dari banjir” lanjutnya.

Sementara Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, warga terdampak ingin segera relokasi segera dilakukan.

“Mereka ingin cepat pindah dari area lokasi yang selalu kena banjir, oleh sebab itu, Pemkab Bondowoso ingin agar Pemprov Jatim mempercepat persetujuan Gubernur tentang relokasi di petak 103 tanah milik Perhutani. (budhi/yd)

× How can I help you?