https://limadetik.com/

Untuk Korban Trauma, Pemkab Upayakan Rumah Baru Bagi 38 KK

  • Bagikan
IMG 20200203 WA0123
Ket.Foto: Seksa Bondowoso, H.Syaifullah

BONDOWOSO, Limadetik.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso berupaya menyediakan 38 rumah bagi warga terdampak banjir bandang yang melanda Kecamatan Ijen beberapa waktu yang lalu. Upaya ini dilakukan bagi warga yang rumahnya berada di pinggiran sungai, khususnya di Dusun Kampung Baru, Desa Kalisat.

Ini dikatakan Sekda Bondowoso H. Syaifullah, usai pelaksanaan Rapat Evaluasi Penanganan Banjir Bandang Kecamatan Ijen, di Aula Sabha Bina, Senin (3/2/2020).

https://limadetik.com/

“Diperlukan biaya sekitar Rp 1,75 milliar untuk 38 rumah warga yang rumahnya rusak karena banjir. Dengan rincian pembangunannya diperkirakan menghabiskan sekitar Rp 40 juta hingga Rp 50 juta karena mereka tak mau lagi menempati, mereka trauma, dan hampir tiap tahun itu terjadi, dan yang paling parah hari ini. Itu menjadikan mereka minta perlindungan ke kita, kalau Perhutani menginjinkan, kami akan mencari dana ke pusat atau Provinsi” ujar Syaifullah usai rapat.

Dijelaskan, warga nanti akan menempati rumah tersebut, dan belum bisa memiliki hak sertifikat. Tentu, hal ini menjadi kebijakan perhutani.

“Kami sekarang sedang berjuang. Hari ini kita pendekatan ke Perhutani, nanti kami akan minta petunjuk pada Gubernur, Mensos dan BPN” pungkasnya. (budhi/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan