Scroll Untuk Membaca Artikel
Pendidikan

Upaya Edukasi Parenting PMM UMM Melalui Program “Orang Tua Menjadi Sahabat Terbaik Anak”

×

Upaya Edukasi Parenting PMM UMM Melalui Program “Orang Tua Menjadi Sahabat Terbaik Anak”

Sebarkan artikel ini
Upaya Edukasi Parenting PMM UMM Melalui Program “Orang Tua Menjadi Sahabat Terbaik Anak”
FOTO: Mahasiswa dan Pengelola Sekolah

Upaya Edukasi Parenting PMM UMM Melalui Program “Orang Tua Menjadi Sahabat Terbaik Anak”

LIMADETIK.COM, MALANG – Permasalahan edukasi keluarga menjadi salah satu fokus utama bagi Kelompok PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), khususnya Kelompok 53, Gelombang 4 yang beranggotakan Farah Fauziah Budiman, Azizul Quzaimah Rahajeng, Kania Putri Kinanti, Dinda Nurfaizah, Tegar Gilang Ramadhan dan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Ibu Viajeng Purnama Putri, S.E., M.M.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Urgensi ini mendorong Kelompok Mahasiswa untuk membuat Program Parenting dengan tema, “Orang Tua Menjadi Sahabat Terbaik Anak” yang dilaksanakan terhadap segenap murid beserta walinya pada KB Aisyiyah 02 Dau, Malang.

Program ini dapat dilaksanakan secara maksimal dengan bantuan dari Kepala Sekolah terkait yaitu Ibu Andi Dewi, S.H. PMM sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Sistem pembelajaran edukasi siswa di sekolah maupun di rumah menjadi pembahasan utama para program Parenting, salah satunya mengenai perbedaan edukasi yang didapatkan anak di rumah dan di sekolah.

Dengan mengundang pemateri Bapak Agung Budiman, S.E, program Parenting ini berusaha memberikan ilmu pengetahuan baru terhadap wali murid maupun guru mengenai proses pembelajaran yang baik diterapkan di sekolah maupun di rumah. Hal ini dilaksanakan untuk meminimalisir terjadinya miskomunikasi dalam pemberian pembelajaran antar orang tua dan wali murid.

Program Parenting dilakukan secara khusus untuk mengurangi jumlah siswa yang cenderung mengalami kebingungan akibat perbedaan pembelajaran yang didapatkan di sekolah dan di rumah. Acara ini memberikan masukan terhadap orang tua untuk menyesuaikan tingkat pembelajaran anak di sekolah agar bisa diterapkan di rumah, sehingga siswa memiliki ruang yang lebih luas untuk belajar, dan tidak mengalami kebingungan terhadap pembelajaran yang didapatkan.

Setiap wali murid yang mengikuti program Parenting pun berusaha untuk mendengarkan penjelasan dengan baik, beberapa bahkan mengajukan pertanyaan terhadap pemberi materi. Bagi mahasiswa anggota PMM UMM, hal ini perlu dilakukan untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, agar seluruh pelajar Indonesia bisa mendapatkan sistem pembelajaran yang maksimal demi masa depan yang maju nanti.

Melalui program, diharapkan setiap wali murid dan guru dapat meningkatkan pemahamannya untuk memberikan sistem pembelajaran yang maksimal terhadap anak-anaknya, baik ketika di sekolah maupun di rumah. Hal ini perlu dilakukan demi Indonesia yang lebih maju. www.umm.ac.id

Keywords: Edukasi Parenting, Orang Tua menjadi Sahabat Terbaik Anak, PMM Bhaktiku Negeri UMM, PMM UMM, Universitas Muhammadiyah Malang

× How can I help you?