PAMEKASAN, Limadetik.comWakil Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Raja’e menyambut bahagia program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) 2019 dalam memberikan bantuan 611.500 ekor ayam Japer (Jawa Super) untuk 12.230 Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) dari direktorat jenderal Peternakan dan Kesehatan Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang, Kamis (20/6/19) di Hotel FrontOne.

Demikian disampaikan Wabup Raja’e saat memberi sambutan pada acara sosialisasi kegiatan program ‘BEKERJA’ dihadapan perangkat desa, camat, Danramil dan Kapolsek untuk empat kecamatan di wilayah Pamekasan, yakni Kecamatan Pamekasan, Galis, Larangan dan Kecamatan Kadur.

“Kita atas nama pemerintah Kabupaten Pamekasan merasa senang dan bahagia sekali diberikan bantuan, dijadikan lokasi untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat melalui Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari berupa ternak ayam sebanyak 611.500 ekor. Ini jumlah yang tidak sedikit, jika diuangkam ini bisa miliaran rupiah,” kata Wabup Raja’e.

Menurut mantan Kades Bujur Barat Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan itu, pemerintah pusat benar-benar memperhatikan rakyat kurang mampu agar bisa merasakan kesejahteraan bersama-sama.

Dalam kesempatan itu, Raja’e menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Pemkab Pamekasan.

“Tentu kepercayaan yang besar ini harus di dukung oleh aparat kita, dari kepolisian dan TNI hadir di tengah-tengah kita, ini bagian integral yang tidak bisa dipisahkan dari kita,” lanjut Wabup.

Raja’e mengatakan, masyarakat yang memperoleh bantuan ini, perlu merubah mindset berfikirnya. Apalagi bantuan yang diberikan pemerintah pusat tidak hanya berupa ayam, melainkan kandang, pakan serta vitamin. Sehingga perlu dibina dan didampingi.

“Cara berfikir habis pakai sepah di buang itu harus dihilangkan, jadi aparat terutama pak camat lurah, Kades dan aparat TNI-Polri agar di bantu,” pintanya.

Sementara, Kepala Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang, Enniek Herwijanti selaku penanggung jawab program dan unit penyelenggara tekhnis dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hadir langsung di kegiatan sosialisasi Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) di Hotel FrontOne jalan Jokotole Pamekasan.

“Di Kementan memang ada program Bekerja dimulai dari sejak tahun 2018 sebanyak 10 Provinsi di Indonesia dengan bantuan 10 juta ekor ayam, tahun ini meningkat ke 20 Provinsi dengan sebanyak bntuan 18 juta ekor ayam,” terangnya.

Program tersebut tidak hanya di Kabupaten Pamekasan saja, namun juga di Kabupaten Bangkalan dan Probolinggo menjadi tanggung jawab dirinya.

“Untuk di Kabupaten Pamekasan terdapat 4 kecamatan yang mendapatkan program Bekerja, diantaranya meliputi Kecamatan Pamekasan, Galis, Larangan dan Kadur,” lanjutnya.

Menurutnya, bantuan dari pemerintah itu  masing-masing RTMP akan mendapatkan bantuan sebanyak 50 ekor ayam, kandang, pakan dan vitaminnya.

Pihaknya berharap peran Pemerintah Daerah dapat memberi pembinaan kepada para penerima bantuan agar terus berkembang dan mendapat hasil dalam meningkatkan taraf hidup sekaligus sebagai tambahan gizi bagi keluarga penerima bantuan.

“Diharapkan dengan ini semua Stakeholder pemangku kepentingan dan seluruh aparat baik dinas sampai perangkat desa mengetahui adanya sosialisasi ini untuk meningkatkan taraf hidup RTM,” tandanya. (Arf/Dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here