https://limadetik.com/

Warga Binaan Rutan Sumenep Disiapkan TPS Khusus

  • Bagikan
IMG 20201116 WA0071 e1605516578682

SUMENEP, LimaDetik.Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di rumah tahanan (Rutan) agar warga binaan tetap bisa menyalurkan suaranya.

Terdapat dua Rutan di Kabupaten Sumenep, yakni Rutan Klas IIB Desa Pabian, Kecamatan Kota dan Rutan di Arjasa. Hanya saja, KPU menyiapkan satu TPS khusus di Rutan Klas IIB Sumenep. Sedangkan untuk Rutan di Arjasa tidak disiapkan TPS khusus.

https://limadetik.com/

“Warga binaan di Rutan Klas IIB sebanyak 242 orang. Sedangkan di Rutan Arjasa 20 orang,” terang
Komisioner KPU Sumenep, Syaiful Rahman, Senin (16/11/2020).

Berdasarkan PKPU, Rutan boleh disediakan TPS khusus apabila warga binaannya minimal 30 orang.

“Jadi karena warga binaan di Arjasa hanya 20 orang, tidak kami siapkan TPS khusus. Mereka digabungkan dengan TPS terdekat,” ujarnya.

Sementara saat disinggung petugas TPS di Rutan Klas IIB, pria yang karib disapa Syaiful menegaskan, KPPS dan juga Linmasnya diserahkan ke petugas Rutan.

“TPS khusus yang di Rutan masuk TPS 13 Desa Pabian. Sedangkan yang di Arjasa masuk TPS 9 di Desa Arjasa,” tukasnya.

Pilkada Sumenep akan digelar pada 9 Desember 2020. Terdapat dua pasangan calon (Paslon) yang akan merebut kursi bupati dan calon wakil bupati di kabupaten yang memiliki 126 pulau.

Mereka adalah Ahmad Fauzi-Nyai Hj. Dewi Khalifah nomor urut 01 yang diusung PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kemudian nomor urut 02 Paslon Fattah Jasin-KH. Ali Fikri diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Golkar sebagai Partai pendukung.

(hoki/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan