oleh

Ziarah ke Asta Joko Tole, Fattah Jasin: Ini Masih Leluhur

SUMENEP, limadetik.com – Di tengah kesibukannya sebagai calon Bupati Sumenep, Jawa Timur, Fattah Jasin masih menyempatkan diri untuk ziarah ke asta para wali. Seperti halnya calon bupati yang berpasangan dengan KH. Ali Fikri pada Jumat (23/10/2020) ziarah ke Asta Joko Tole di Desa Lanjuk, Kecamatan Manding.

Pria yang karib disapa Gus Acing bersama tim tiba di asta langsung disambut juru kunci Asta Joko Tole. Kemudian dia memperkenalkan diri dan ijin hendak ziarah.

Namun sebelum masuk ke Asta Joko Tole, putra asli Sumenep ini terlebih dahulu melaksanakan Salat Asar berjamaah. Setelah salat, Gus Acing langsung menuju Asta Joko Tole yang ada di sebelah Utara. Selama ziarah dia khusuk berdzikir dan berdoa.

“Kami ziarah tentu mengharap mendapat barokah dari para wali. Joko Tole ini bagian dari yang tidak terpisahkan dari raja-raja (Sumenep, Red). Dari Asta Tinggi. Dan kami bagian dari keluarga raja-raja yang ada di Asta Tinggi. Ini (Joko Tole) masih leluhur,” kata Gus Acing.

Dari itu, lanjut mantan pria yang selama 34 tahun sebagai pejabat di Pemerintah Provinsi Jawa Timur, bagi dirinya wajib hukumnya untuk meminta doa para leluhur. Bahkan beberapa waktu lalu Paslon nomor urut 02 telah ziarah ke Asta Adi Poday (orang tua Joko Tole).

Tidak hanya pada momen Pilkada dirinya sering ziarah ke asta para wali yang juga leluhurnya. Ziarah telah menjadi kebiasaan sejak masih menjadi pejabat di provinsi.

“Apalagi setelah mengikuti kontestasi Pilkada Sumenep 2020. Tentu harus banyak ziarah khususnya kepada ayah ibu dan para leluhur di atasnya yang ada di makan raja-raja di Asta Tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Kunci Asta Tinggi, H. Yasin mendoakan supaya hajat Gus Acing untuk memimpin kabupaten dengan lambang Kuda Terbang tercapai. Kemudian dia berpesan agar Gus Acing sering-sering datang ke Asta Joko Tole.

“Sering-sering ziarah ke sini. Semoga hajatnya tercapai (jadi Bupati Sumenep, Red),” doanya.

(hoki/yd)

Komentar

Berita Terkini