149 SMP di Sumenep Lakukan Simulasi UNBK, 24 Sekolah Masih UNKP

SUMENEP, Limadetik.com – Menjelang pelaksanaan ujian nasional (UN), sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), selama dua hari, Rabu-Kamis  (14-15/2/2018).

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Sumenep, tahun ini sebanyak 149 SMP akan menggelar UNBK dan 24 SMP masih menyelenggarakan UN berbasis Kertas dan Pensin (UNKP).

“Hari ini terahir pelaksanaan simulasi UNBK di masing-masing sekolah,” kata Kabid Pembinaan SMP, Disdik Sumenep, Moh. Iksan.

Menurutnya, hasil pantauan disejumlah sekolah, simulasi UNBK yang digelar berjalan tanpa kendala, utamanya di wilayah daratan yang 100 persen akan menggelar ujian nasional berbasis komputer pada tahun 2018 ini.

“Semua sekolah tingkat SMP sudah siap menghadapi ujian nasional, baik persiapan sarana dan prasarana,” terangnya.

Sedangkan, untuk 24 lembaga sekolah yang belum siap menggelar UNBK itu semuanya diwilayah kepulauan. Sebab untuk wilayah daratan semuanya berbasis UNBK.

“Ada pun calon peserta UN tingkat SMP di naungan Disdik Sumenep tahun ajaran 2017-2018 yang ditetapkan sebagai daftar nominasi tetap (DNT) mencapai 6.803 siswa. Jumlah peserta itu meliputi 5.831 siswa dengan sistem UNBK di 149 SMP, dan 962 siswa UNKP,” tukasnya.(hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here