https://limadetik.com/

Adat Ritual Nyadar, Ratusan Personel Polres Sumenep berikan Pengamanan

Adat Ritual Nyadar, Ratusan Personel Polres Sumenep berikan Pengamanan
FOTO: Ritual Nyadar atau ziaroh di Asta Angga Suta/Syekh Gubang Saronggi Sumenep

SUMENEP, Limadetik.com – Sempat tertunda selama beberapa tahun terakhir akibat penyebaran covid-19, akhirnya, adat ritual nyadar (Madura Nyadhar) di Asta Angga Suto/Asta Syekh Gubang tepatnya di Desa Kebundadap Barat, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Jawa.Timur bisa terlaksana.

Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, dan warga yang mengikuti proses adat ritual nyadar, Polres Sumenep Madura Jawa Timur menerjunkan sebanyak 157 personel, kegiatan ritual nyadar berlangsung sejak Jumat- Sabtu, 15-16 Juli 2022.

https://limadetik.com/

Ali Ahsan, warga Desa setempat yang ikut serta dalam kegiatan pelaksanaan adat ritual nyadar tersebut mengatakan, acara ritual nyadar sejati dilaksanakan setiap tahun. Atau di dalam bulan haji menjelang tahun baru Islam. Namun karena adanya wabah covid-19 dua tahun terakhir, hingga kegiatan harus ditunda.

“Ini sudah biasa, rutin dilaksanakan dan masyarakat Desa Kebundadap Barat pada khususnya, dan umumnya masyarakat dari beberapa daerah di madura bahkan di luar madura ada banyak yang datang sekadar ngalap berkah di Asta Syekh Gubang atau dikenal Angga Suto” katanya, Sabtu (16/7/2022).

Ia menyebutkan, dalam rangkaian pelaksanaan ritual nyadar ini, para pengunjung banyak yang melakukan Dzikir, Sholawat hingga baca Alquran untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT melalui karomah Walinya yang ada di Asta.

“Biasa, permohonan keselamatan kepada Allah dan Syafaar Nabi Muhammad SAW. Itu makanya banyak yang datang bahkan hampir semua orang ada yang berdoa dengan cara berdzikir, baca sholawat juga ada baca quran. Pokok intinya untuk kebaikan lah bukan hal yang macam-macam” terangnya.

Sementara, sebagaimana terpantau, pengamanan kegiatan pelaksanaan adat ritual nyadar dipimpin langsung oleh Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko. Dimana kegiatan nyadar tersebut diikuti masyarakat kurang lebih 500 orang.

Adapun susunan acara ritual adat nyadar diawali dengan kegiatan pesiapan (mengumpulkan kembang ziarah kubur yang dibawa oleh masyarakat pengikut dan bakar dupa, Juru kunci asta angga suto/asta syeh gubang K. Mathor bersama para sesepuh/pemangku adat nyadar duduk didepan pintu asta selanjutnya membukakan pintu asta dan para sesepuh/pemangku adat bersama masyarakat masuk ke dalam asta untuk ziarah kubur.

“Langkah langkah yang telah dilakukan personel polisi dalam memberikan pengamanan kegiatan nyadar, melakukan patroli dan pengamanan kegiatan, memberikan himbauan kepada masyarakat terkait kamtibmas dan untuk tetap menjaga protokol kesehatan serta memberikan himbauan terkait Vaksinasi guna tercapai capaian vaksinasi” kata Kapolres Edo.

Kapolres Sumenep mengatakan, bahwa pengamanan dilakukan oleh Kepolisian dalam rangka sebagai upaya untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat saat menjalankan ritual nyadar sehingga kegiatannya dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

“Ini upaya kami (Polres Sumenep) memberikan kenyamanan kepada masyarakat, terlebih para pengunjung atau peziaroh yang ada” tukasnya.

Tinggalkan Balasan