SUMENEP, Limadetik.com – Memasuki visit year (tahun kunjungan) 2018 Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur terus melakukan pembenahan sejumlah fasilitas umum disejumlah destinasi wisata.

Diantaranya akan membangun dua dermaga Pulau Gili Iyang, Kecamatan Dungkek. Pulau Gili Iyang dikenal sebagai pulau yang memiliki kadar oksigen terbaik kedua didunia.

“Ya kami akan membangun dermaga di Desa Bancamara dan Banraas. Per dermaga masing-masing anggarannya Rp 700 juta,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto, Jumat (2/2/2018).

Sufiyanto menjelaskan, dua dermaga yang akan dibangun itu saat ini sudah ada. Hanya saja perlu untuk dilakukan perpanjangan. Sebab, ketika air surut para wisatawan terpaksa harus menceburkan diri ke air laut untuk tiba di daratan.

Pasalnya, dermaga yang ada saat ini masing-masing sepanjang sekitar 50 meter. Tahun ini akan diperpanjang hingga mencapai 100 meter setiap dermaga.

Pembangunan dua dermaga yang dianggarkan dari APBN itu akan dimulai sekitar bulan Maret 2018. Dengan bertambah panjangnya dermaga tersebut dipastikan akan mempermudah wisatawan yang hendak berlibur ke pulau yang terdiri dua desa.

Selaian Gili Iyang, kota keris ini memiliki sejumlah objek wisata lainnya. Mulai Masjid Agung, Pantai Sembilan, Gili Labak, Pantai Lombang dan Keraton Sumenep. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here