oleh

Anggota DPRD Pasuruan Menyayangkan Kades Tak Tahu Ada BLT UMKM

PASURUAN, Limadetik.com – Covid-19 sudah berlangsung lama dan tidak ada tanda-tanda akan mereda. Tentu ini menganggu semua sektor termasuk UMKM yang merupakan salah satu pilar ekonomi Indonesia.

Maka untuk membantu keberlangsungan UMKM tersebut, pemerintah pusat memberikan stimulus bantuan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sayangnya program stimulus ini tidak semua pengiat UMKM mengetahui hal ini.

“Tentunya amat sangat disayangkan program stimulus ini ada warga yang tidak mengetahui. Seharusnya sebagai kepanjangan dari pemerintah pusat maka pemerintah desa proaktif dalam mencari informasi tentang program pemerintah pusat” kata H.Soleh Prabudi, Kades Wonokoyo, Senin (12/10/2020).

Menurut kepala Desa Wonokoyo Kecamatan Beji, H. Soleh Prabudi, pihaknya tidak mengetahui jika ada BLT UMKM yang ia tahu hanya BLT DD dan hal itu sudah tersalurkan.

“Kita tidak mengetahui adanya BLT UMKM, yang ada BLT DD dan telah di salurkan. Hingga saat ini tidak ada satu warga yang mengajukan surat pengajuan untuk BLT UMKM.” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Arifin S. Sos anggota DPRD Kabupaten Pasuruan memaparkan, bahwa bantuan untuk pelaku UMKM merupakan program pemerintah pusat bagi warga yang memiki usaha yang pasti terdampak oleh covid-19. Dan sistemnya pun sudah melalui online.

“BLT UMKM merupakan salah satu program pemerintah pusat untuk warga yang memiliki usaha. Dengan sistem pendaftaran melalui online. Seharusnya warga yang memiliki usaha mikro kecil atau menengah bisa mendapatkan bantuan ini” tuturnya.

Lanjut Arifin, apabila sampai kepala desa tidak mengetahui hal ini sangat riskan bagi warga dan seharusnya kepala desa proaktif menanyakan ke dinas yang terkait atau bisa membuka website pemerintah pusat bahkan pemerintah pusat juga ada sosial medianya yaitu twitter.

“Tentu hal ini sangat disayangkan apabila program BLT UMKM desa Wonokoyo tidak mengetahui. Itu sebabnya baik nya desa mencari informasi dan mengikuti perkembangan agar banguan dari pemerintah ini benar-benar tepat sasaran” tukasnya.

 

(MSA/YD)

Komentar

Berita Terkini