JEMBER, Limadetik.com – Musim kemarau yang mulai mewarnai cuaca saat sekarang ini
mengakibatkan para petani sebagian banting setir dengan menanam jenis
palawija, seperti yang dilakukan oleh H Sofyan anggota kelompok tani
Karya Makmur, dilahannya seluas 4 Ha ditanami kedelai, Babinsa Jajaran
Kodim 0824/Jember tetap eksis melakukan pendampingan pertanian
meskipun di Bulan Suci Ramadan.

Bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Pertanian Budi S, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serka Ida Bagus Gede Arnawa melaksanakan pendampingan panen kedelai milik H Sofyan yang berada di Dusun Salak, Desa Sumbersalak, Kec Ledokombo, Kab Jember.

Saat kami wawancarai pada Sabtu 25/5/2019, H Sofyan menyampaikan bahwa dirinya memutuskan menanam kedelai pada saat cuaca awal kemarau seperti ini sangat bagus sekali, terkait hasil panen kali ini per hektar sekitar 1,75 ton, relatif baik dan hal ini tentunya tidak lepas dari pendampingan intensif yang dilakukan oleh Babinsa bersama PPL yang memang sangat menguntungkan petani.

Sedangkan Komandan Koramil 0824/06 Ledokombo Kapten Inf Harsono saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya terebut, hal itu memang bagian dari tugas Babinsa dalam melaksanakan pendampingan dari awal pengolahan lahan hingga panen, baik tanaman padi, jagung maupun kedelai atau dikenal Pajale sebagai sasaran upaya khusus program ketahanan pangan nasional.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan terima kasih kepada Koramil Jajaran melalui Babinsa yang telah melaksanakan pendampingan pertanian secara intensif,  hingga dirasakan betul manfaatnya oleh petani.

Meskipun komoditi utama padi untuk Kabupaten Jember yang menjadi perhatian program ketahanan pangan, namun kedelai juga mendapatkan perhatian sebagai bagian dari program ketahanan pangan dalam mewujudkan kedaulatan dan swasembada pangan nasional. Pungkas Komandan kodim 0824/Jember. (Siswandi/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here