https://limadetik.com/

Banjir Bandang Kembali Terjang Desa Sempol Kecamatan Ijen

  • Bagikan
IMG 20200129 160852
Banjir bandang di bondowoso landa perkampungan

BONDOWOSO, Limadetik.com — Banjir bandang terjadi di Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Bondowoso. Air bercampur lumpur mengalir di sepanjang jalan utama sekitar Kantor Kecamatan Sempol. Hingga masuk rumah-rumah warga.

Nampak air yang bercampur lumpur berwarna hitam pekat membawa material seperti kayu, potongan balok dan perabotan warga.

https://limadetik.com/

Kepala BPBD Bondowoso, Kukuh Triatmoko, yang berhasil dikonfirmasi melalui sambungan telponnya, membenarkan adanya banjir bandang di sebelah timur Bondowoso itu.

“Iya betul terjadi banjir bandang di wilayah sempol. Saat ini Tim BPBD sudah meluncur ke lokasi” terangnya pada awak media, Rabu ( 29/1/2020).

Dari keterangan warga setempat, hujan intensitas tinggi terjadi di hulu Gunung Suket, sekitar Jampit.

“Menurut keterangan warga hujan sekitar 2 jam terjadi di atas (hulu). Namun di lokasi dampak banjir bandang hanya gerimis saja” tambahnya

Masih penjelasan Kukuh bahwa warga di kawasan Desa Sempol pun mulai diungsikan ke kawasan lebih tinggi untuk mengantisipasi adanya banjir susulan.

Sementara menurut keterangan Sekretaris Kecamatan Sempol, Saudia Yourdan Islami Taufik membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya banjir tersebut diperkirakan dari gunung Suket dan Jampit.

‚ÄúTahun lalu dibuatkan saluran untuk menampung banjirnya oleh BPBD, tapi tetap ndak menampung” terangnya.

Memang sudah reda kata dia, tapi akibat banjir bandang itu, banyak rumah terdampak, termasuk kantor kecamatan dikepung air bah.

Sampai berita ini diturunkan belum ada laporan adanya korban jiwa dan laporan kerusakan. (budhi/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan