Daerah

Bawaslu Trenggalek Lakukan Sosialisasi Rekrutmen Pengawas TPS Pemilu 2024

×

Bawaslu Trenggalek Lakukan Sosialisasi Rekrutmen Pengawas TPS Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Bawaslu Trenggalek Lakukan Sosialisasi Rekrutmen Pengawas TPS Pemilu 2024
Pembukaan sosialisasi pengawas TPS oleh Bawaslu Trenggalek

Bawaslu Trenggalek Lakukan Sosialisasi Rekrutmen Pengawas TPS Pemilu 2024

Limadetik.com, Trenggalek– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur melakukan sosialisasi tentang rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang akan bertugas di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilihan Umum tahun 2024.

Sebanyak 2.321 orang Pengawas TPS dibutuhkan yang nantinya ditugaskan di setiap TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Seperti diinformasikan, Bawaslu kabupaten Trenggalek akan membuka pendaftaran Pengawas TPS mulai tanggal 2 Januari 2024.

Kordiv SDM Organisasi dan diklat Bawaslu Kabupaten Trenggalek Ahmad Rokhani mengatakan, pendaftaran Pengawas TPS akan dibuka mulai selasa tanggal 2 Januari 2024.

“Hari ini kita mulai sosialisasi sampai tanggal 31 Januari 2023. Selanjutnya untuk pendaftaran nya dimulai tanggal 2 Januari sampai 6 Januari 2024,” kata Rokhani usai sosialisasi rekrutmen Pengawas TPS di hotel Hayam Wuruk Trenggalek, Senin (25/12/2023).

Dia menjelaskan, bahwa setiap TPS akan membutuhkan satu orang Pengawas TPS untuk menjalankan tugas, wewenang, dan kewajiban sebagaimana tertera dalam Perbawaslu nomor 3 tahun 2022.

“Kita membutuhkan satu pengawas TPS untuk masing-masing TPS,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, anggota Pengawas TPS akan bertugas selama satu bulan, terhitung 23 hari sebelum hari pemungutan suara dan 7 hari setelah hari pemungutan.

“Kami memanggil putra putri terbaik Trenggalek, yang memenuhi persyaratan untuk ikut menjadi keluarga besar jajaran pengawas pemilu yang akan di tempatkan di masing-masing TPS,” terang dia.

Guna memenuhi kebutuhan anggota Pengawas TPS, Bawaslu Kabupaten Trenggalek akan membuka pendaftaran pada tanggal 2 Januari di Kantor Sekretariat Panwaslu Kecamatan masing masing.

Berikut syarat menjadi Pengawas TPS pada Pemilu 2024,sebagaimana yang telah ditetapkan dalam revisi undang-undang nomor 7 tahun 2017 menjadi Undang-undang nomor 7 tahun 2023.

× How can I help you?