SAMPANG, Limadetik.com — Pulau Madura, sebagaimana yang pernah dituturkan Moch Efendi, memiliki banyak obyek wisata yang menawan. Namun karena keberadaannya tersebar jauh dari tepian Pulau Madura sendiri, tempat-tempat wisata yang sangat menarik dikunjungi ini jarang diekspose media massa.

Moch Efendi, Caleg DPR-RI dari Partai Perindo yang kerap melaporkan semua potensi alam Pulau Madura, belum lama ini mengunjungi tempat wisata yang panoramanya sangat eksotik, yaitu Pulau Kambing.

“Pulau bagian dari Pulau Madura ini memang dikenal dengan sebutan Pulau Kambing. Ini bukan berarti yang ada di pulau ini cuma kambing, tapi ya memang sebutannya begitu” katanya, Jumat (15/3/2019) kemarin.

Secara administratif pulau ini masih dalam wilayah Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Di Pulau Kambing ini terdapat 3 dusun, dimana masing-masing dusun memiliki objek wisata sendiri.

Letaknya yang cukup jauh dari Kabupaten Sampang, untuk berkunjung ke Pulau Kambing butuh waktu lumayan lama.

Juga, untuk menyeberangi lautan yang memisahkan Pulau Kambing dengan Pulau Madura, pengunjung harus menunggu jam keberangkatan kapal pada pukul 13.00.

“Perjalanan menyeberangi lautan dengan kapal butuh waktu antara 1 hingga 1,5 jam. Namun, jangan kuatir akan jenuh, karena selama perjalanan di lautan ini akan disuguhi pemandangan khas kota Bahari ini yang menawan” ujar Moch. Efendi

Karena itu, menurut Caleg DPR RI dari Perindo dapil XI madura ini, meski jauh, tak terasa tiba-tiba sudah sampai Pulau Kambing. Di sini, obyek wisata yang ada adalah wisata Batu Alam Candin, Pasir Putih, dan Makam Bangsacara beserta istri dan kedua hewan piaraan nya.

Wisata Alam Batu Candin terletak di ujung timur Pulau Kambing atau di Dusun Candin. Setiap lebaran, masyarakat setempat memadati tempat wisata ini, khususnya pada sore hari.

“Masyarakat berbondong-bondong untuk menikmati indahnya pemandangan di ujung pulau ini, dipadu dengan hijaunya rumput dan birunya laut serta kuning keemasan sunset. Yang aneh, meski Wisata Alam Batu Candin terletak di ujung timur Pulau Kambing, namun wisatawan juga dapat menikmati indahnya sunset” ujar Ceo Beritalima ini.

Dari tempat Wisata Alam Batu Candin, Efendi langsung melanjutkan ke Wisata Makam Bangsacara yang menyimpan legenda tersendiri untuk warga setempat.

Penduduk setempat ada meyakini Bangsacara merupakan orang yang pertama kali menemukan pulau ini sekaligus menjadi nenek moyang mereka, namun ada juga yang tidak mempercayai itu.

“Ada nuansa mistis yang sudah tak lazim yang dapat kita temui di objek wisata ini. Makam Bangsacara terletak di dusun tengah atau lebih terkenal dengan Dusun Keramat” terangnya.

Satu lagi obyek wisata di Pulau Kambing yang sangat menarik adalah Pasir Putih, yang menawarkan pemandangan lepas pantai yang indah dipadu dengan pasir putihnya yang memikat.

“Tak heran jika obyek Wisata Pasir Putih di Pulau Kambing ini menjadi destinasi utama wisata lokal dan non-lokal, karena pemandangan sunset-nya yang begitu menakjubkan. Objek wisata ini terletak di Dusun Barat” imbunya.

Tidak hanya tiga objek wisata tersebut yang bisa dinikmati di Pulau Kambing, masih ada objek wisata lainnya. Namun, dari sekian banyak objek wisata yang ada di Pulau Kambing, ketiga objek wisata itulah yang paling menarik dan sering dikunjungi wisatawan.

“Siapa yang sudah pernah ke Pulau Kambing ini pasti terpesona dan selalu ingin kembali mengunjunginya,” pungkas Moch Efendi, Caleg DPR RI Dapil 11 Madura Nomor Urut 2. (rr/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here