Scroll Untuk Membaca Artikel
Headline News

Budaya Berharga, Nyadran di Desa Losari Dihadiri Ratusan Orang

×

Budaya Berharga, Nyadran di Desa Losari Dihadiri Ratusan Orang

Sebarkan artikel ini
Budaya Berharga, Nyadran di Desa Losari Dihadiri Ratusan Orang
FOTO: Tradisi Nyadran di Desa Losari Nganjuk

Budaya Berharga, Nyadran di Desa Losari Dihadiri Ratusan Orang

LIMADETIK.COM NGANJUK – Tradisi Nyadran merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat jawa. Tradisi ini biasanya dilakukan setelah panen hasil bumi. Mahasiswa KKNT Kelompok 69 UPN Veteran Jawa Timur berkesempatan berpartisipasi dalam acara Nyadran di Desa Losari, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Acara Nyadran di Desa Losari ini merupakan acara atau tradisi turun temurun yang dilestarikan. Tradisi ini dipercaya bahwa dengan adanya sedekah bumi atau acara nyadran akan diberikan kesuksesan dalam panen perkebunan masyarakat Desa Losari.

Acara Nyadran Desa Losari dilakukan satu tahun sekali tepatnya pada bulan jawa yaitu selo di hari Senin Pahing. Pada tahun 2023 ini bulan selo jawa bertepatan pada bulan Juni dan Senin Pahing bertepatan pada tanggal 5, Mahasiswa KKNT Kelompok 69 cukup antusias dalam mepersiapkan tradisi budaya ini.

“Dengan diadakannya tradisi Nyadran yang berlokasi di Punden, Dalam Punden tersebut terdapat makam para leluhur Desa Losari yaitu Raden Umar Said, Raden Sumber dan Nyi Gendro Sari. Sebelum melakukan Nyadran Mahasiswa KKNT Kelompok 69 bersama karang Taruna Desa Losari bekerjasama dalam membersihkan dan revitalisasi makam punden tersebut” kata Ninda, Rabu (21/6/2023).

Kegiatan membersihkan Punden ini berlangsung dalam waktu 10 hari sebelum hari – H nyadran. Mahasiswa KKNT Kelompok 69 dalam melaksanakan program kerja Revitalisasi Punden yaitu dengan membuat sign system berupa plakat “selamat datang di makam punden Losari”.

Jagalah kebersihan, sebagaimana ayat suci Qs. Yasin ayat 18 – 19, papan nama para leluhur Punden, dan pemberian tempat sampah. Dengan adanya plakat sign system ini membuat makam punden Desa Losari menjadi lebih indah.

Kegiatan Nydran Desa Losari terdiri dari acara pawai Desa dengan membawa tumpeng raksasa yang berisi hasil panen yaitu berupa jagung, sayur – sayur, pertunjukan wayang kulit dan adanya pasar malam.

Mahasiswa KKNT Kelompok 69 berpartisipasi dengan menunjukan tari kreasi dengan alunan musik alun – alun Nganjuk. Kesempatan mengikuti acara Nyadran yang dilakukan sethun sekali di Desa Losari menjadi kesan dan pengalaman yang sangat berkesan untuk mahasiswa KKNT Kelompok 69 UPN “Veteran” Jawa Timur.

“Sebagai genarasi muda Mahasiswa KKNT Kelompok 69 berharap tradisi nyadran atau bersih Desa ini dapat terus ada dan dilestarikan” tutupnya.

× How can I help you?