Scroll Untuk Membaca Artikel
Headline News

Sosialisasi dan Pendaftaran Nomor Induk Berusaha pada UMKM Kerupuk Bawang “AN” di Desa Ngadiboyo

×

Sosialisasi dan Pendaftaran Nomor Induk Berusaha pada UMKM Kerupuk Bawang “AN” di Desa Ngadiboyo

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi dan Pendaftaran Nomor Induk Berusaha pada UMKM Kerupuk Bawang "AN" di Desa Ngadiboyo
FOTO: Mahasiswa KKN-T kelompok 68 UPN Veteran Jawa Timur bersama pemilik usaha kerupuk bawang AN

Sosialisasi dan Pendaftaran Nomor Induk Berusaha pada UMKM Kerupuk Bawang “AN” di Desa Ngadiboyo

LIMADETIK.COM, NGANJUK – Kerupuk bawang “AN” merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang kuliner. Telah beroperasi selama hampir 20 tahun, usaha ini kini dikelola oleh Mbak Githa bersama ibunya.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Githa merupakan warga Dusun Ngadirejo, Desa Ngadiboyo, Kecamatan Rejoso. Beberapa produk unggulan dari usaha ini adalah krupuk goreng serta kerupuk bakar yang diolah menggunakan pasir sebagai media masaknya. 

Kelompok 68 KKN-T UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan kunjungan perdana ke usaha ini pada tanggal 24 Maret 2023 ke kediaman sekaligus tempat produksi utama usaha tersebut. Pemilik usaha serta beberapa pekerja di tempat menjelaskan bahwa usaha ini telah beroperasi secara stabil cenderung berkembang selama beberapa tahun terakhir ini.

“Dengan mengunggulkan cita rasa dan harga jual yang kompetitif, usaha ini berhasil mengirimkan produk hingga beberapa kota di luar Nganjuk” kata Githa, Senin (12/6/2023).

Secara pemasaran kata Githa, usaha ini tidak mengandalkan sosial media, melainkan cukup mencantumkan nomor Whatsapp di kemasannya supaya calon pelanggan dengan mudah melakukan pemesanan.

Setelah menggali data dan fakta terkait, kelompok 68 KKN-T UPN “Veteran” Jawa Timur berinisiatif untuk melaksanakan sosialisasi serta mendaftarkan NIB untuk usaha tersebut.

Berkat esensi dari pengadaan NIB sendiri yakni simplifikasi proses agar pelaku usaha dapat memenuhi dokumen hukum dasar untuk urusan perniagaannya, pendaftaran NIB untuk usaha kerupuk bawang “AN” berjalan dengan lancar dan cepat.

“Tepatnya pada tanggal 13 Mei 2023, NIB untuk usaha ini telah terbit dan resmi terdaftar di database pemerintah” ucap Yurisa, salah satu anggota Kelompok 68 KKN-T UPN “Veteran” Jawa Timur.

× How can I help you?