UA-110482044-1, G-W7VVX1GT8W

Bupati Achmad Fauzi Ingatkan Kades di Sumenep Terkait Pemanfaatan DD-ADD yang Tepat

Bupati Achmad Fauzi Ingatkan Kades di Sumenep Terkait Pemanfaatan DD-ADD yang Tepat
FOTO: Bupati Sumenep, Achmad Fauzi saat memberikan sambutan dan arahan kepada seluruh Camat, Pendamping Desa dan Kepala Desa se Kabupaten Sumenep

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Bupati Achmad Fauzi mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur agar pemanfaatan penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk kepentingan peningkatan ekonomi masyarakat dalamrangka mempercepat pembangunan di setiap Desa yang ada.

Hal itu disampaikan Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat Rapat Kerja (Raker) bersama Camat, Pendamping Desa dan Kepala Desa se-Kabupaten Sumenep, di Gedung Abdi Negara Korpri, Jumat (2)12/2022).

Bupati Achmad Fauzi berpesan agar penggunaan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk difocuskan pada kepentingan masyarakat dalamrangka meningkat perekonomian mereka.

“Saya ingatkan kembali, agar pengelolaan Dana Desa (DD) yang dilaksanakan seluruh desa harus bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, setidaknya salah satu program di desa itu, menyentuh kepada pertumbuhan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata Bupati Fauzi.

Baca Juga :   Tak Kuat Nahan Kangen, Tahanan Rutan Sumenep Melarikan Diri

Bupati Fauzi juga mengingatkan, ketika ditengah Covid-19 saat ini, desa memiliki peran penting yang strategis menjadi kunci keberhasilan pembangunan daerah dan nasional, oleh karena itu, maksimalkan DD untuk peningkatan perputaran ekonomi masyarakat.

“Pemberdayaan pelaku UMKM akan ikut menopang program kegiatan pembangunan tingkat desa, maka sebaiknya diselaraskan untuk mendukung pendapatan dan daya beli masyarakat” ucap Bupati.

Dengan adanya Dana Desa kata orang nomor satu di lingkungan Kabupaten Sumenep itu, seharusnya sinergitas anatar jajaran pemerintah daerah dan desa harus lebih mampu meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, terutama menyelesaikan persoalan mulai dari tingkat desa.

Baca Juga :   Vaksinasi di Lingkungan Kamenag Sumenep Hampir 100 Persen

“Seluruh program pemerintah daerah, kepala Desa harus hadir dan mendukung didalamnya. Itu semua untuk mewujudkan kemajuan Kabupaten Sumenep dengan tagline Bismillah Melayani,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Anwar Syahroni Yusuf, ikut menyampaikan, bahwa kegiatan rapat kerja Camat, Pendamping Desa dan Kepala Desa se-Kabupaten Sumenep bersama Bupati, bertujuan membangun sinergitas penganggaran antara pemerintah.

“Dalam upaya percepatan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sumenep, baik prnyelenggaraan Pemerintahan maupun pembinaan kemasyarakatan, maka tentu diperlukan adanya sinergitas Desa dan Pemerintah Kabupaten. Semua itu, semata-mata untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat, baik dibidang ekonomi maupun pembangunannya” katanya.

Ia pun berharap, dengan terlaksananya kegiatan ini (rapat kerja, red) akan mampu mendorong semangat kerja dan semangat membangun, baik di tingakt bawah (Desa) maupun Kabupaten.

Baca Juga :   Forpimka Arjasa Kangean Gelar Sosialisasi, Pasca Melambungnya Harga BBM di Pulau Cukir

“Bergotong royong membangun Kabupaten Sumenep mulai tingkat desa, akan mampu memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat” demikian Anwar Sahroni Yusuf menyampaikan.

Tinggalkan Balasan