Pemerintah

Catatan Mahasiswa PKL di Pengadilan Agama Kelas 1A Kabupaten Bangkalan

×

Catatan Mahasiswa PKL di Pengadilan Agama Kelas 1A Kabupaten Bangkalan

Sebarkan artikel ini
Catatan Mahasiswa PKL di Pengadilan Agama Kelas 1A Kabupaten Bangkalan
Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Bangkalan

Catatan Mahasiswa PKL di Pengadilan Agama Kelas 1A Kabupaten Bangkalan

Limadetik.com, Bangkalan – Setelah menjalani program Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang di kantor Pengadilan Agama Kelas 1A Kabupaten Bangkalan, Intan Nurul Arifin Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura (FH UTM) berikan penilaian untuk tempat PKL.

Sebelumnya PKL tersebut, dilaksanakan selama 30 hari, terhitung dari tanggal 01 November hingga 30 November 2023.

Diketahui, bahwa tujuan PKL tersebut, untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa secara langsung di lapangan, dan juga untuk melatih kompetensi pemahaman yang dipelajari selama di bangku kuliah.

Program Praktek Kerja Lapangan tersebut diikuti oleh Aswaja Pramudita Widiyanto dan Intan Nurul Arifin serta Drs. Khairuddin., M.H., sebagai dosen pembimbing lapangan.

Ditempat PKL, kata intan, pihaknya bersama teman sangat antusias untuk mengikuti alur persidangan perkara secara langsung di pengadilan.

“Tidak hanya itu, kami juga melihat secara langsung pembuatan surat permohonan maupun surat gugatan secara langsung sehingga mereka dapat mempelajari dan memahami bagaimana pembuatan berkas tersebut,” katanya, Selasa (12/12/2023).

Intan Nurul Arifin selaku ketua kelompok juga menuturkan, selama mengikuti program PKL, dirinya dapat mempelajari dan memahami mengenai apa saja tugas pokok dan fungsi dari seorang hakim di lapangan, dan mekanisme dalam beracara di persidangan sebagai seorang hakim.

“setelah melihat secara langsung proses persidangan, kami lalu diberikan tugas untuk melihat secara langsung bagaimana pembuatan surat permohonan maupun surat gugatan agar kami bisa mempelajari dan memahaminya secara langsung” ujarnya.

“Semoga kegiatan Program Praktik Kerja Lapangan ini dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi para mahasiswa UTM lainnya,” tukasnya

× How can I help you?