SUMENEP, Limadetik.com – Selama tiga hari terakhir terjadi cuaca buruk. Akibatnya, ratusan calon penumpang yang akan mudik ke Pulau Masalembu, Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur tertahan di Pelabuhan Kalianget karena tidak ada kapal yang akan berlayar.

300 lebih calon penumpang tersebut terpaksa harus bermalam di area terminal penumpang Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III dengan menggunakan alas seadanya. Mereka menunggu cuaca normal untuk bisa mudik ke kampung halaman.

Parahnya lagi, salah seorang pemudik yang tertahan di pelabuhan, Ahmad Rahman mengaku, dirinya bersama warga yang akan mudik ke Pulau Masalembu mengeluh. Sebab bekal untuk biaya hidup mulai menipis, sementara bantuan Pemkab untuk menanggulangi kebutuhan pemudik berbuka dan saur tidak ada.

“Kami sampai saat ini belum menerima bantuan untuk buka dan saur belum ada,” katanya, Rabu (29/5/2019).

Kapal perintis yang semestinya berlayar sejak 27 Mei 2019 belum memastikan kembali berlayar. Hanya kapal dengan rute Kalianget-Kangean yang diberangkatkan

Sementara itu, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, SUPRIYANTO menyatakan, tidak berani mengeluarkan Surat Persetujuan Berlayar khususnya kapal tujuan Masalembu karena cuaca tidak stabil. Gelombang dikisaran 1 hingga 3 meter. Dengan tinggi gelombang seperti itu membahayakan keselamatan pelayaran.

“Kami akan terus berkordinasi dengan pihak terkait termasuk BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) untuk mengetahui perkembangan cuaca di perairan Sumenep,” katanya. (hoki/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here