Danrem 083 Baladhika Jaya Pimpin Apel Penangulangan Bencana

IMG 20191118 WA0030

BONDOWOSO, Limadetik.comBertempat di Alun-Alun Ki Ronggo Bondowoso, Komandan Resort Militer (Danrem) 083 Baladhika Jaya (BDJ) Kol. Inf. Zainuddin, pimpin Upacara Apel Gelar Latihan Pelaksanaan Tugas Bantuan Kepada Pemerintah Kabupaten dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah Bondowoso, Senin (18/11/2019).

Menurut Danrem bahwa latihan ini sudah dimulai beberapa waktu lalu yang diikuti Staf, Komandan dan unsur terkait di posko.

“Dalam penangulangan bencana semua komponen harus siap terlibat, termasuk masyarakat, pemerintah, swasta dan relawan” kata Danrem dalam sambutannya.

Juga lebih lanjut Danrem menjelaskan kemungkinan bahaya Gunung Raung, ada ditingkat diurutan ke 3 selain puting beliung dan kebakaran sehingga dibutuhkan kesiapan.

“Semua komponen harus siap termasuk masyarakat, dan saya harap dengan latihan terpadu ini Pemkab Bondowoso bisa update dengan melibatkan semua unsur, termasuk semua sarana prasarana, peralatan yang ada di wilayah ini” tambahnya.

Namun sarana dan prasarana saja tidak cukup, jadi harus didukung dengan keahlian yang memadai ditambah prosedur wilayah Bondowoso ini.

“Semua komponen baik Kepolisian, TNI, Media Sosial, SAR harus dibentuk Tim, sehingga potensi yang dihadapi tentang berbagai kebutuhan saat penangulangan bencana bisa ditambah baik dari pusat atau kabupaten tetangga” terangnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0822 Bondowoso Letkol Inf Jadi mengatakan bahwa latihan tersebut berlangsung selama 5 hari.

“Latihan ini berlangsung selama lima hari, dengan mengambil lokasi Kecamatan Sumberwringin” kata Dandim Jadi.

Dari pantauan di lapangan, apel pembukaan ini diahadiri oleh Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, Forpimda, Sekda Bondowoso, Dandim 0822 Bondowoso, perwakilan Polres Bondowoso dan undangan lainnya. (budhi/yt)

Tinggalkan Balasan