https://limadetik.com/

DPC PWRI Sumenep Dilantik, Bupati Fauzi Titipkan Tiga Pesan

Penulis: SuwandiEditor: Wahyu
  • Bagikan
DPC PWRI Sumenep Dilantik, Bupati Fauzi Titipkan Tiga Pesan
FOTO: Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH.MH saat pelantikan DPC PWRI Sumenep

SUMENEP, Limadetik.com – Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPC PWRI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, resmi dilantik hari, Minggu (19/9/2021).

Acara pelantikan pengurus DPC PWRI Sumenep periode 2021-2024 ini dibingkus dengan program vaksinasi massal. Bertempat di Hotel Kaberaz, Pangaran Sumenep. Acara tersebut dihadiri langsung Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH.MH.

https://limadetik.com/

Selain Bupati Fauzi, turut hadir pada kesempatan sakral itu, Kapolres Sumenep, Dandim 0827 Sumenep, Kejari Sumenep, anggota DPR Jawa Timur, segenap jajaran Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), organisasi kewartawanan seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS), Asosiasi Media Online Sumenep (AMOS), dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) se- Kabupaten Sumenep.

Diketahui, saat ini jumlah anggota berikut pengurus DPC PWRI Sumenep berjumlah 22 orang. Mereka dilantik oleh pengurus DPP PWRI dan DPD PWRI Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Rusydiyono, Ketua DPC PWRI Sumenep mengungkapkan, bahwa pengurus anggota yang baru bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan melahirkan karya jurnalistik yang berimbang.

“Perlu diketahui bahwa hari ini kita sudah dilantik. Mengurus organisasi itu tentu tidak mudah, perlu kerjasama yang baik dengan semua steckholder. Pelantikan ini dibarengi dengan vaksinasi. Ini merupakan komitmen kita untuk membantu pemerintah. Karena dari segala lini kita harus mengawal vaksinasi ini,” kata pria yang akrab disapa Yono ini.

DPC PWRI Sumenep Dilantik, Bupati Fauzi Titipkan Tiga Pesan
FOTO: Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH.MH saat pelantikan DPC PWRI Sumenep
DPC PWRI Sumenep Dilantik, Bupati Fauzi Titipkan Tiga Pesan
FOTO: Rusdiyono, Ketua DPC PWRI Sumenep (kiri)

Pihaknya berkomitmen, selama masa kepemimpinannya tiga tahun ke depan, mengawal dan memberikan informasi yang positif bagi masyarakat.

“Saya sebagai ketua DPC PWRI Sumenep menegaskan, kepada jurnalis yang tergabung di organisasi ini harus bisa menghasilkan berita yang berimbang. Harus ada ketegasan kita dalam menulis berita, kita ingin menjaga kekompakan,” ucapnya.

Senada dengan hal itu, Samsyuri, pengurus DPD PWRI Jawa Timur juga menuturkan, kolaborasi pers dengan Pemda sangat perlu untuk ditingkatkan. Sebab, tanpa adanya mitra yang baik, roda organisasi tidak akan pernah bisa berjalan bagus.

“Ini merupakan bentuk kolaborasi dengan Pemda dalam mempercepat program vaksinasi. Ini harus di dorong dengan adanya pers di Sumenep. Pesan saya kepada DPC PWRI Sumenep, lakukan koordinasi dengan semua OPD Sumenep. Berikan berita yang baik dan jauh dari hoax,” pintanya.

Disamping itu, pihaknya menuturkan, jika awal tahun 2022 nanti DPP PWRI serentak akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Hal itu dilakukan demi melahirkan jurnalis profesional dan mematuhi Undang-Undang (UU) Pers.

“Kami akan segera melakukan UKW serentak di Jawa Timur. Karena ini menjadi amanah dari UU Pers nomor 40 tahun 1999,” jelasnya.

Selaras dengan Samsyuri, sekretaris jenderal (Sekjen) DPP PWRI, Supriyanto Jagat, juga mengingatkan apabila PWRI di Indonesia sudah semakin berkembang. Sedikitnya, 32 Provinsi dan 330 Kabupaten/Kota telah terisi oleh organisasi PWRI.

“Kita sudah punya sekolah jurnalistik. PWRI sudah berkoordinasi dengan dewan pers untuk segera melaksanakan UKW. Ke depan PWRI diharapkan bisa memberikan kontribusi untuk Negara. Bulan Januari 2022 ini kita akan melaksanakan UKW. Alhamdulillah PWRI sudah bisa berkembang dan anggotanya banyak dimana-mana,” sebutnya.

“Saya berpesan agar bisa terus bersinergi dengan Pemda, TNI dan Polri,” sambungnya.

Seolah terus mengalir dukungan dari berbagai elmen di kepengurusan DPC PWRI baru ini, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi berpesan beberapa hal. Diantaranya aspek jurnalis, aspek sosial, dan aspek ekonomi.

“Alhamdulillah pelantikan ini berjalan lancar. Untuk kepengurusan yang sebelumnya, saya ucapkan terimakasih karena sudah membantu Pemkab Sumenep. Untuk pengurus yang baru saya ucapkan selamat menempuh amanah,” ujar Bupati Fauzi, dalam sambutannya.

Dia menyebutkan, aspek pertama berada pada jiwa seorang jurnalis itu sendiri. Bagaimana, kata dia, seorang jurnalis harus bisa menyajikan informasi akurat, sesuai fakta, dan bermitra dengan baik dengan pemerintah setempat.

“Pers harus bisa hadir dalam memerangi berita hoax, harus bisa mengkalter dan diantisipasi pemberitaan yang dirasa tidak baik. Untuk itulah pada kesempatan baik ini saya berharap kepada pengurus yang baru agar memberikan kontribusi baik dan berita yang positif,” ajaknya.

Usai seorang jurnalis mengacu pada UU Pers, aspek kedua yaitu sosial. Bupati Fauzi mengatakan, dengan memberikan berita yang baik kepada masyarakat tentu bisa membantu kemajuan Pemkab Sumenep.

Lalu ketiga aspek ekonomi, menurutnya hal ini terus digalakkan sesuai dengan profesi pers dan kemajuan pembangunan. Bupati Fauzi menegaskan, terkait dengan Pemkab Sumenep saat terus memberikan pelayanan terbaik, sesuai dengan tag line ‘Bismillah Melayani’.

Oleh sebab itu, lahirnya seorang insan pers diharapkan mampu menghasilkan karya berita yang positif, demi menunjang pembangunan di sektor sosial dan ekonomi masyarakat, khususnya.

“Saya percaya kepada DPC PWRI Sumenep tentu bisa bersinergi dengan pemerintah. saya harapkan untuk kemajuan Sumenep kita bisa bersinergi. Kami Pemkab Sumenep mengucapkan terima yang sebesar-besarnya dalam membangun Kota Sumenep,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan