Dua Pekan Tertahan di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Warga Kepulauan Hanya Bisa Pasrah

SUMENEP, Limadetik.com – Sejak pekan lalu ratusan calon penumpang yang akan menyebrang ke sejumlah Kepulauan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur tertahan di Pelabuhan Kalianget.

Baca: Cuaca Buruk, BMKG Kalianget Sumenep Himbau Warga Waspada Beraktifitas di Laut

Hal itu dikarenakan kapal memutuskan tidak berlayar akibat cuaca buruk. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kaliangate, tinggi gelombang mencapai 3 meter hingga 4 meter.

Salah satu warga asal kabupaten Pulau Masalembu, Sugiono (48) mengungkapkan dirinya telah lima hari tertahan di Pelabuhan Kalianget. Dia tidak bisa berbuat banyak karena tidak berangkatnya kapal motor tujuan Masalembu murni faktor cuaca buruk.

“Saya sudah lima hari. Warga yang lain ada yang sudah sepuluh hari tertahan disini,” katanya, Senin (29/1/2018).

Baca: Cuaca Ekstrem, Nelayan di Sumenep Enggan Melaut

Cuara buruk ini menambah beban baru bagi warga yang akan menuju ke kepualan. Selain biaya transportasi, mereka menanggung beban hidup sendiri selama ada di pelabuhan. Sebab hingga kini masih belum ada bantuan konsumsi dari pemerintah daerah.

“Tempat tinggal sementara ini cukup nyaman dan gratis. Hanya saja belum ada bantuan seperti halnya makanan kepada warga yang menunggu berangkatnya kapal,” tukasnya.

Sumenep terdiri dari 126 pulau dan hanya 48 pulau yang berpenghuni. Dari itu, berdasarkan informasi yang diperoleh media ini, tidak hanya warga yang akan menyebrang dari daratan ke kepulauan yang tertahan, dari arah sebaliknya juga mengalami nasib yang sama. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here