SUMENEP, Limadetik.com – Pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur memiliki program Visit. Ada  puluhan event yang dijadwalkan untuk mempromosikan sekaligus menarik wisatawan datang ke kabupaten yang kini lagi getol membangun objek wisata.

Hanya saja, pelaksanaan sejumlah even tidak berjalan mulus. Buktinya, tidak semua agenda terlaksana semua. Sedikitnya hingga saat ini, ada dua even yang gagal digelar, dan dua lainnya mengalami penundaan.

Event yang gagal digelar, yakni Gebyar Mancing Internasional dan Pelangi di Sumenep (Berbagai Festival) yang dijadwalkan pada bulan Juli 2018 lalu. Sedangkan event yang mengalami penundaan dari agenda semula, yakni Pameran Keris Internaional dan Peresmian Musium Pusaka Sumenep. Event ini dijadwalkan pada hari Kamis-Minggu, (9-12/8/2018).

Tidak hanya itu, event yang juga meleset dari jadwal adalah Festival Budaya Sumenep yang direncanakan digelar pada hari Selasa-Kamis, tanggal 21-23 Agustus 2018.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, jika rentetan event Visit Sumenep 2018 tidaklah gagal. Melainkan hanya ditunda.

“Seperti Festival Keris, itu digabungkan dengan acara Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN (FKMA) karena tujuannya agar pengrajin keris merasakan dampaknya,” katanya, Jum’at (24/8/2018).

Disamping itu, peresmian Musium Pusaka juga direncanakan akan diresmikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. Namun Pemkab Sumenep hanya bisa menghadirkan Presiden bertepatan dengan acara FKMA.

“Acara tersebut direncanakan digabung dengan acara FKMA. Selain itu, paguyuban tidak mau kalau Peresmian Musium tidak diresmikan oleh Presiden,” tukasnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here