oleh

Gali Bakat Terpendam, KMP SDN 1 Tangkilsari Gelar Pekan Seni dan Budaya Tingkat

MALANG, LimaDetik.Com – Kampus Mengajar Perintis (KMP) yang digelar di SDN 1 Tangkilsari sukses melaksanakan pekan seni dan budaya. Acara tersebut dilaksanakan selama 5 hari mulai Senin 16 november 2020 hingga jumat 20 november 2020.

Mahasiswa yang melaksanakan KMP di SD Negeri 1 Tangkilsari sari terdiri dari Santi Dwi Retno mahasiswa semester 7 jurusan pendidikan IPS, Dina Izzatul mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab dari Universitas Negeri Malang (UM) dan Muhammad Afnani Alifian mahasiswa semester 5, Zaskia Aulia Ramadhani mahasiswa semester 7 keduanya dari jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Islam Malang (Unisma).

Pekan seni dan budaya tersebut terlaksana selama lima hari secara luring dengan mematuhi protokol kesehatan. Siswa yang datang ke sekolah untuk mengikuti lomba diwajibkan memakai masker, sebelum masuk kelas diharuskan cuci tangan. Ketua pelaksana Santi Dwi Retno menuturkan bahwa pekan seni dan budaya ini guna menggali bahkan mengeksplorasi bakat terpendam terutama di bidang seni dan budaya siswa SD Negeri 1 Tangkilsari.

“Ada empat cabang lomba yang kami laksanakan pada hari senin 16 November 2020 itu lomba mewarnai untuk kelas satu. Pada 17 November 2020 dilangsungkan lomba menyanyi untuk anak kelas dua, 18 November 2020 lomba penyisihan lomba cerdas cermat untuk kelas lima, dan dilanjutkan lomba membaca puisi kelas tiga dan kelas empat. Hari kamis, 19 November 2020 dilaksanakan penyisihan lomba cerdas cermat untuk kelas enam, sekaligus final yang dihasilkan juara dari para finalis,” ungkap Santi.

Pada hari jumat (20/11/2020) penutupan lomba sekaligus pembagian hadiah bagi para pemenang. Daftar juara sebagai berikut, Lomba Mewarnai: Juara 1, Kalila Rifda, Juara 2, Adiba Kanza Azzahra, Juara 3, M. Fathir Al-Varo. Lomba Menyanyi Lagu Nasional Juara 1, M. Alfian Fikri, Juara 2, Naila Elma Z. R, Juara 3, Naura Zakira.

Untuk lomba Baca Puisi, Juara 1, Nailatul Hudayah. Juara 2, Nahdiah Aulia Zahro. Juara 3, Anindya Kurnia Putri. Lomba Sementara lomba cerdas cermat, Juara 1, Arief Sulaiman. Juara 2, Iqbal Muhammad Elbustomi. Juara 3, Aurea Maheswari Arifin.

Kepala Sekolah SDN 1 Tangkilsari, Dra. Crah Handayani, M.Pd menyatakan bentuk kebanggaan dan ucapan terimakasih kepada mahasiswa KMP. “Saya sangat bersyukur, saya sangat bangga dengan sekolah kita. KMP ini di sekolah kita satu satunya di kecamatan Tajinan, salah satu bentuk selangkah lebih maju dari sekolah lain,” ungkap ibu Crah.

“Yang dibawa oleh mahasiswa program kampus mengajar ini, merupakan langkah kecil, tapi kedepannya berdampak besar untuk anak anak. Karena melatih berani tampil di depan orang banyak. Harapannya ke depan banyak langkah perubahan yang akan dilakukan oleh siswa SDN 1 Tangkilsari. Terimakasih banyak kepada mahasiswa KMP yang telah melangsungkan acara ini, begitu juga bapak ibu guru yang membantu support,” terang bu Crah saat menutup acara.

Beliau juga menambahkan bahwa para pemenang nanti akan diutus saat ada lomba tingkat kecamatan. Begitu juga untuk anak anak yang hendak melanjutkan ke SMP sertifikat itu dapat berguna untuk mendaftar beasiswa prestasi.

Pewarta: Muhammad Afnani Alifian.    Editor    : Wahyu S. 

Komentar

Berita Terkini