Haul Majemuk ke-126 Ponpes Keong Emas Bondowoso Pererat Ikatan Spiritual Keluarga

BONDOWOSO, Limadetik.com – Pondok Pesantren kyai mas atau yang dikenal pondok keong emas menyelenggarakan Haul Majemuk yang ke 126 berserta keluarga besar kyai mas akmarin dan kyai mas Su’ud Minggu, (13/5/2018).

Haul yang dihadiri undang bersamaan dengan jemaah yang hadir kurang lebih 5000 orang baik dari pihak keluarga maupun dari jemaah umum.

Haul dimulai pertama dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dengan Surat Yasin, dan Surat Al-Ikhlas. Bacaan Al-Qur’an tersebut dibaca melalui pribadi (individual) secara bersamaan.

Cucu dari kyai mas akmarin, Susilo dalam sambutannya mengatakan, adanya haul ini agar selalu ingat akan kyai mas akmarin dan kyai mas Su’ud. Baliu adalah penyebar agama islam yang pernah ada di daerah Prajekan Bondowosp pada tahun 1838 hingga 1893.

“Kita harus pertahankan ajaran islam yang telah beliu ajarkan kepada kita semua, juga asal mula ajaran islam di prajekan ini, serta pertama kali juga beliu perintahkan berdirinya PG prajekan,” papar mantan ADM PG Prajekan ini.

Senada dengan Camat Prajekan Abdurahman, menyampaikan, “Saya sebagai Camat di Prajekan, sangat bangga dan bersyukur dengan adanya kyai mas Akmarin sehingga menjadikan prajekan ini terkenal akan kekeramatannya serta banyak peninggalan beliu saat ini yang terus kita pertahankan dan kita jaga,” ungkapnya.

Abdurahman menambahkan, kalau dirinya juga adalah salah satu keturunan dari Pemimpin Bondowoso, Kabupaten pertama yang terletak di Prajekan menyisahkan peninggalan sejarah yang terus digali dan dipertahankan (djk/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here